Masih Percaya Corona Tak Sebabkan Kematian? Ini Datanya

0
42

TNews, SEHAT – Di media sosial ramai perdebatan mengenai kematian para pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19. Sebagian netizen berpandangan virus ini tidak menyebabkan kematian, alasannya karena para pasien meninggal akibat hal atau penyakit penyerta lain yang sudah dimiliki.

“Kematian murni akibat COVID itu tidak ada. Tapi Covid itu memperburuk keadaan masyarakat yang lemah imun dan daya tubuhnya,” kata salah satu pengguna Facebook.

Terkait hal tersebut, influencer kesehatan dr I Made Cock Wirawan mengatakan logika “COVID-19 tidak menyebabkan kematian” seperti menyebut tidak ada yang meninggal karena human immunodeficiency virus (HIV). Menurut dr Made pandangan itu keliru dan berbahaya karena bisa membuat orang-orang jadi semakin abai.

“Mengapa saya analogikan dengan HIV? Ya karena kondisi ini mirip dengan infeksi HIV. Virus penyebab AIDS ini tidak secara langsung membunuh orang yang diinfeksinya, tapi membuat penyakit yang sebelumnya tidak parah atau biasa menjadi mematikan,” kata pria yang mengelola akun Twitter @blogdokter ini beberapa waktu lalu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, data dari 337 pasien Corona COVID-19 yang meninggal pada 3 Juni lalu menunjukkan 110 orang tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Sebanyak 118 pasien positif COVID-19 lainnya yang meninggal memiliki komorbid tunggal dan 109 pasien berstatus multi komorbid.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.