Pasien Corona yang Sembuh Bisa Positif Kembali?

0
43

TNews, SEHAT – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang menginvestigasi laporan yang menyebut ada pasien COVID-19 yang kembali positif setelah sebelumnya dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona COVID-19. Sejauh ini ahli menyebut ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

“Kami mengetahui ada laporan dari individu yang telah dites negatif untuk COVID-19 menggunakan pengujian PCR (polymerase chain reaction) dan kemudian setelah beberapa hari pengujian positif lagi,” kata WHO seperti dikutip dari Reuters, Senin (13/4/2020).

“Kami berhubungan erat dengan para ahli klinis dan bekerja keras untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kasus-kasus individual tersebut. Penting untuk memastikan bahwa ketika sampel dikumpulkan untuk pengujian pada pasien yang dicurigai, prosedur dipatuhi dengan benar,” lanjutnya.

Direktur Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC), Jeong Eun-kyeong, mengatakan bahwa kemungkinan yang terjadi adalah virus mengalami ‘reaktivasi’, bukan pasien yang kembali terinfeksi (reinfeksi).

Kemungkinan reinfeksi dinilai kecil karena seseorang yang pernah terinfeksi virus Corona akan membentuk imunitas atau kekebalan. Selama beberapa waktu, tubuhnya diyakini akan bisa menangkal infeksi.

Ada juga spekulasi hasil tes PCR tidak akurat sehingga yang sebetulnya masih ada virus sudah dinyatakan negatif.

“Karena COVID-19 ini penyakit baru, kami membutuhkan lebih banyak data epidemiologi untuk bisa mengambil kesimpulan terkait sifat penyebaran virus,” ungkap WHO.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.