Pemakai Kacamata Disebut 3 Kali Lebih Terlindungi dari Virus Corona

0
76

TNews, SEHAT – Sebuah penelitian menyebut, orang yang menggunakan kacamata membuat seseorang tiga kali lebih kecil risikonya tertular virus Corona COVID-19.

Dikutip dari laman The Sun, peneliti menemukan orang yang memakai kacamata lebih jarang menggosok dan menyentuh mata.

Menurut laporan yang diterbitkan di India, orang bisa menyentuh wajah mereka 23 kali dalam satu jam dan matanya 3 kali dalam satu jam.

“Penularan terjadi dengan menyentuh wajah, hidung, mulut dan mata. Menyentuh hidung dan mulut berkurang secara signifikan saat memakai masker. Tapi, pemakaian masker tidak melindungi dan mencegah seseorang menyentuh mata,” jelas peneliti utama Amit Kumat Saxena.

Amit Kumar juga menjelaskan bahwa menyentuh dan menggosok mata menggunakan tangan yang terkontaminasi akan meningkatkan risiko infeksi virus Corona COVID-19.

Karena itu, risiko terinfeksi virus Corona melalui mata 3 kali lebih kecil pada orang yang memakai kacamata.

“Risiko yang lebih kecil ini karena mereka jarang menyentuh mata ketika memakai kacamata. Pemakaian kacamata juga telah dibuktikan mampu mengurangi kebiasaan menyentuh mata secara signifikan,” jelasnya.

Faktor lain yang memicu penularan virus Corona COVID-19 termasuk jenis kelamin. Para ahli telah mengatakan bahwa virus corona menimbulkan ancaman khusus pada pria.

Selain itu, orang dewasa yang lebih tua atau usia 60 tahun ke atas juga cenderung sakit parah akibat virus Corona. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang meninggal karena virus Corona COVID-19 rata-rata berusia 65,8 tahun.

Bahkan orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan juga termasuk kategori orang yang berisiko tinggi terinfeksi dan menderita parah akibat virus Corona COVID-19.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.