Pisang Merah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

0
1338

TNews, KESEHATAN – Pisang merah mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, tak kalah dengan pisang yang lain, ada segudang manfaat pisang merah yang baik untuk kesehatan. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat 1.000 varietas pisang di seluruh dunia. Pisang merah, yang juga memiliki nama latin Musa Acuminta Red Dacca, adalah varietas pisang yang berasal dari Asia Tenggara. Kulitnya berwarna merah dengan dagingnya memiliki rasa yang manis, namun ada sedikit rasa raspberry.

Buah yang satu ini seringkali dijadikan sebagai hidangan penutup. Pisang merah juga diyakini sebagai buah yang padat nutrisi. Adapun nutrisi yang terkandung dalam satu buah pisang merah kecil berukuran 100 gram, antara lain:

  • 90 kalori
  • 21 gram karbohidrat
  • 1,3 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 3 gram serat
  • 9 persen kebutuhan harian kalium yang direkomendasikan
  • 28 persen kebutuhan harian vitamin B6 yang direkomendasikan
  • 9 persen kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan
  • 8 persen kebutuhan harian magnesium yang direkomendasikan

Di samping itu, pisang merah juga mengandung antioksidan kuat. Bahkan sejumlah antioksidan dalam pisang merah lebih tinggi daripada pisang kuning. Antioksidan utama yang terkandung dalam pisang merah, yakni karotenoid, antosianin, dan dopamin.

Manfaat pisang merah untuk kesehatan

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam pisang merah membuatnya baik untuk dikonsumsi. Selain itu, pisang ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat pisang merah untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam pisang merah dapat meningkatkan kesehatan dengan memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh. Sementara, vitamin B6 dalam pisang merah memainkan peran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kalium yang terkandung dalam pisang merah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya kalium dapat membuat tekanan darah berkurang. Selain itu, magnesium yang ada dalam pisang merah juga bisa membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah ulasan dari 10 studi mencatat bahwa meningkatkan asupan magnesium 100 mg per hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Lutein dan karoten yang terkandung dalam pisang merah dapat meningkatkan kesehatan mata. Sebuah ulasan dari enam penelitian menunjukkan bahwa lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia yang dapat menjadi penyebab utama kebutaan. Sementara, beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang sangat penting untuk kesehatan mata.

  1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti halnya pisang merah, dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang memicu terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Pisang merah termasuk asupan yang rendah kalori. Oleh sebab itu, menyertakan pisang merah ke dalam diet dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan lebih mudah. Bukan hanya kalorinya yang rendah, kandungan serat dalam pisang merah juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan.

  1. Menambah energi

Pisang merah mengandung vitamin B6 yang cukup banyak. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan memecah protein. Ketika metabolisme tubuh meningkat, maka tubuh pun akan menghasilkan energi dengan cepat. Selain itu, vitamin B6 juga dapat meningkatan produksi hemoglobin (protein yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam pisang merah dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Zat ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan sehingga kesehatan kulit pun terjaga.

  1. Mengatasi Sembelit

Pisang merah juga bisa jadi salah satu pilihan Anda saat mengalami masalah pencernaan seperti sembelit karena kaya akan kandungan seratnya yangtinggi. Serat yang terdapat dalam pisang merah dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan mendorong makanan melaluinya dengan lebih efisien. Selain itu, manfaat pisang merah juga bisa mengurangi kemungkinan Anda menderita rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dapat disebabkan oleh sembelit. Pergerakan usus yang teratur juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pisang merah juga mudah dikonsumsi. Anda dapat memakannya secara langsung, dijadikan smoothie, ataupun topping oatmeal. Akan tetapi, belum diketahui secara pasti mengenai risiko mengonsumsi pisang merah. Namun, bagi Anda yang alergi pisang, pisang merah juga dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi alergi yang sama, seperti ruam, gatal, bengkak, batuk, muntah, pusing, atau bahkan pingsan. Oleh sebab itu, jika saat mengonsumsi pisang merah timbul gejala tersebut, sebaiknya segera hentikan konsumsi dan periksakan diri Anda ke dokter.

 

Sumber : sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.