Pria Juga Bisa Menopause Dini, Ini 5 Gejala yang Patut Diwaspadai

0
52
Ilustrasi Ada Beberapa Gejala Menopause Pada Pria (Foto: CNNindonesia)

TNews, KESEHATAN – Menopause tak cuma terjadi pada wanita, tapi juga pria. Simak beberapa ciri-ciri menopause pada pria yang perlu diwaspadai.

Menopause pada pria dikenal dengan istilah andropause. Kondisi ini terjadi saat kadar testosteron mulai mengalami penurunan.

Menukil laman Mayo Clinic, kadar testosteron kebanyakan pria memuncak pada masa remaja dan dewasa awal. Setelah usia 30-40 tahun, kadar testosteron akan terus menyusut sekitar 1 persen per tahun.

Lebih cepat dari itu, berarti Anda mengalami menopause dini.

Pada dasarnya, menopause pada pria sedikit berbeda dengan yang biasa terjadi pada wanita.

Pada wanita, menopause adalah bagian alami dari penuaan. Namun, hal yang sama tidak berlaku pada menopause pria. Pasalnya, tak semua pria berusia dewasa tua mengalami penurunan kadar testosteron yang signifikan.

Selain itu, menopause pada wanita terjadi dalam waktu cukup cepat. Sementara pada pria, penurunan kadar testosteron bisa terjadi selama beberapa dekade.

Gejala Menopause Dini pada Pria

Pergeseran hormonal ini dapat menyebabkan perubahan fisik, emosional, dan kognitif. Berikut beberapa gejala menopause dini pada pria, baik secara fisik maupun psikis.

1. Gairah menurun

Testosteron memainkan peran penting dalam menjaga gairah seksual. Jika gairah Anda menurun dari biasa, maka bisa jadi Anda sedang mengalami penurunan kadar testosteron.

Hati-hati, rendahnya kadar testosteron juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

2. Depresi

Testosteron turut mengatur suasana hari. Dengan itu, tak menutup kemungkinan rendahnya testosteron memicu suasana hati yang negatif seperti depresi.

Gejala umum depresi antara lain perasaan sedih, hampa, cemas, mudah tersinggung, dan sering marah.

3. Loyo

Testosteron membantu tubuh mempertahankan tingkat energi tetap pria. Bukan tak mungkin jika andropause bisa membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya.

4. Insomnia

Rendahnya kadar testosteron juga bisa menyebabkan masalah pada tidur. Testosteron memainkan peran penting dalam mengatur pola tidur.

5. Perut buncit

Kelebihan lemak perut bisa jadi salah satu penyebab dan efek rendahnya kadar testosteron.

Testosteron membantu memperlambat penumpukan lemak di perut. Jika kadar testosteron menurun, Anda mungkin mengalami penumpukan lemak yang lebih besar di sekitar perut.

Selain itu, ada juga beberapa gejala menopause dini pada pria lainnya. Berikut di antaranya:

  • pembesaran payudara,
  • rasa percaya diri menurun,
  • pelupa atau sulit mengingat sesuatu,
  • mudah gugup,
  • bulu atau rambut tubuh yang berkurang atau lebih tipis.

Sumber: sehatqu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.