Ternyata Bangun Pagi Langsung Minum Kopi Tak Dianjurkan, Ini Alasannya

0
983

TNews, SEHAT – Sebagian orang biasanya meminum kopi pada pagi hari. Namun, bukan berarti saat bangun tidur kamu bisa langsung konsumi kopi. Mengapa?

Dikutip dari Healthline, disarankan untuk menunda terlebih dahulu konsumsi kopi di pagi hari. Atur waktu 2 jam setelahnya usai bangun tidur untuk minum kopi.

Karena minum kopi tepat usai bangun tidur di pagi hari dapat meningkatkan kadar kortisol. Kadar kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan rasa waspada dan fokus seseorang.

Hal ini justru mengganggu masalah kesehatan karena mengkonsumsi kopi ketika tingkat kortisol tinggi dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menghindari kelelahan berolahraga dan meningkatkan kekuatan otot sehingga mengonsumsi kopi 30-60 menit sebelum olahraga merupakan hal yang efektif.

Sementara mengonsumsi kopi terlalu dekat dengan jam tidur, seperti saat makan malam dapat menyebabkan gangguan tidur. Untuk menghindari efek mengganggu kafein saat tidur, disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein minimal 6 jam sebelum tidur.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.