Vaksin Diberikan pada Orang Sehat yang Belum Terinfeksi

0
34

TNews, SEHAT – Satgas Penanganan COVID-19 bicara mengenai kelompok yang akan divaksinasi COVID-19. Disebutkan oleh juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, salah satu kriteria yang mendapat vaksin adalah orang yang sehat.

“Pada prinsipnya, vaksinasi diberikan pada orang sehat yang belum terinfeksi untuk melindungi dirinya. Siapa yang diberikan adalah mereka yang memiliki risiko tinggi tertular maka harus diberikan terlebih dahulu,” kata Prof Wiku dalam siaran pers di YouTube BNPB, Senin (19/10/2020).

Prof Wiku juga menyampaikan kelompok prioritas penerima vaksin adalah mereka yang berisiko tinggi. Di antaranya tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan perihal beda vaksinasi dan imunisasi. Secara umum, vaksinasi adalah proses mendapatkan vaksin dan imunisasi adalah hasil dari vaksinasi yakni mendapatkan kekebalan tubuh.

“Kalau vaksinasi memasukkan vaksinnya ke dalam tubuh, imunisasi adalah proses di mana tubuh bisa memunculkan imun karena terbentuknya antibodi spesifik terhadap penyakit yang dituju,” pungkasnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.