Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Anak? Ini Penjelasannya

0
44

 

TNews, SEHAT – Penyebaran virus COVID-19 di Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan data covid.go.id per 16 Agustus, terdapat penambahan 17,384 kasus terkonfirmasi sehingga totalnya menjadi 3,871,738 kasus. Selain itu, penularan virus COVID-19 saat ini pun mulai terjadi pada anak-anak.

Guna menekan penyebaran virus, pemerintah pun telah menyasar vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak hingga remaja. Hal ini juga bertujuan untuk mempercepat herd immunity.

Meski demikian, banyak orang tua yang masih ragu akan keamanan vaksin. Beberapa dari Bunda mungkin juga bertanya-tanya apakah vaksin COVID-19 aman untuk anak-anak? Mengutip mayoclinic, Food and Drug Administration (FDA) AS telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak usia 12-15 tahun. Penelitian menunjukkan vaksin ini 100% efektif dalam mencegah virus COVID-19 untuk anak usia 12-15 tahun. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan vaksin ini 95% efektif dalam mencegah virus COVID-19 dengan gejala pada remaja berusia 16 tahun ke atas.

Sementara itu, di Indonesia vaksin CoronaVac dari Sinovac disebut juga aman diberikan untuk anak-anak, serta mendapatkan izin dari BPOM. Adapun vaksinasi diberikan dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali dengan jarak atau interval minimal 28 hari. Melalui, Surat Edaran nomor HK.02.02/I/1727/2021, Kementerian Kesehatan juga telah memberlakukan vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun.

Di samping itu, hasil awal penelitian di China juga menyebut terbukti aman dan bisa menginduksi respons imun yang baik. Studi yang dipublikasi di jurnal The Lancet pada 28 Juni 2021 ini melibatkan 550 anak berusia 3-18 tahun.

“CoronaVac ditoleransi dengan baik dan menginduksi respons imunitas humoral pada anak dan remaja usia 3-17 tahun,” tulis peneliti dikutip dari The Lancet Infectious Diseases

Meski demikian, pemerintah Indonesia masih menunggu untuk memberlakukan vaksin ke anak balita. Hal ini mengingat penelitian tersebut masih merupakan hasil uji fase 1 dan fase 2.

Untuk itu, Bunda tak perlu lagi ragu untuk mengajak anak vaksinasi. Namun, pastikan Bunda untuk mengecek dahulu kondisi kesehatan anak. Usai vaksinasi, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan dengan minum air mineral yang cukup setiap hari.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh, Le Minerale merupakan pilihan yang paling tepat untuk Bunda dan keluarga, terutama untuk anak. Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih di Indonesia yang mengandung mineral alami sehingga baik untuk tubuh dan kesehatan anggota keluarga.

Galon Le Minerale juga hadir dengan kemasan yang selalu baru alias bukan galon bekas pakai. Dengan kebersihan yang terjamin, Bunda jadi bisa lebih tenang soal kebutuhan air minum. Galon Le Minerale juga dilengkapi dengan handgrip sehingga mudah untuk diangkat dan dipindahkan dan tutup ulir anti rembes dan bocor dan 100% kedap udara. Jadi, Bunda tak perlu khawatir air di dalam galon akan terkontaminasi oleh bakteri atau virus dari luar. Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang bersih dan aman.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.