Viral Perjuangan Bawa Jenazah Covid-19 Seberangi Sungai

0
46

TNews, SEHAT – Cerita perjuangan petugas membawa jenazah pasien COVID-19 naik turun bukit dan menyeberangi sungai, viral di media sosial. Lokasinya di Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Beberapa foto menggambarkan beratnya medan yang dilalui petugas pemakaman dari Satgas COVID-19 Kelurahan Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Sebanyak 10 petugas menggunakan Full APD (Alat Pelindung Diri) mengangkat sebuah peti menyeberangi sungai.

Foto-foto tersebut diunggah juga di akun Twitter Tim Reaksi Cepat BPBD DIY di Twitter @TRCBPBDDIY pada Rabu (13/1/2021). Staf Bidang Operasi Posko Dukungan Satgas COVID-19 DIY Endro Sambodo menuturkan cerita di balik foto-foto viral tersebut.

“Jadi ada pasien yang meninggal dari RSUP DR Saditjo, yang bersangkutan (yang meninggal) merupakan warga daerah situ dan makam di kampung itu memang posisinya menyeberang sungai,” jelas Endro saat dihubungi detikcom, Jumat (15/1/2021).

“Kemudian kalau opsi menggunakan jalan yang lain menggunakan ambulance, ternyata memutar kurang lebih 3 kilometer, dan ambulance mentok di jalan dan untuk ke makam jalan sekitar 1 kilometer, dan jalan melalui sungai adalah opsi yang disepakati,” tambahnya.

Endro juga menjelaskan, yang menggotong jenazah tersebut merupakan Satgas Kelurahan Banjaroyo Kalibawang. Dan saat ini pemerintah setempat sedang memberdayakan Satgas Desa untuk bisa melakukan pemakaman protokol COVID-19.

Melihat kondisi tersebut, Endro pun berharap agar masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tidak keluar rumah jika tidak diperlukan.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.