Virus Corona Berasal dari Ikan Salmon Perlu Diteliti

0
664

TNews, SEHAT – Asal usul infeksi virus Corona yang mewabah di Beijing hingga kini masih ditelusuri. Dugaan awal, ada klaim bahwa wabah tersebut disebabkan oleh salmon impor.

Surat kabar yang dikelola pemerintah Beijing melaporkan COVID-19 ditemukan pada talenan yang digunakan untuk mengolah salmon impor di pasar Xinfadi, di tengah kekhawatiran akan gelombang kedua pandemi virus Corona di China.

Mike Ryan, kepala penanggulangan penyakit emergensi WHO mengatakan hipotesis tersebut harus diuji secara sistematis sebelum menyimpulkan kondisi sebenarnya.

“Saya rasa kita perlu melihat apa yang sebenarnya terjadi pada kasus ini. Saya tidak percaya itu (penularan dari ikan salmon) adalah hipotesis utama. Perlu dieksplorasi,” tuturnya dalam briefing dikutip dari Channel News Asia.

Komentarnya senada dengan pendapat para ahli yang mengatakan bahwa ikan itu sendiri tidak mungkin membawa penyakit. Keterkaitan salmon dalam hal ini bisa jadi hasil dari kontaminasi silang.

Saat ini China, importir utama makanan laut dan daging, menghentikan pembelian dari pemasok ikan salmon di Eropa karena khawatir terkait dengan virus Corona.

Ryan mengatakan pihaknya telah menawarkan bantuan teknis ke China untuk melakukan pelacakan. Ia sepenuhnya mengharapkan agar China mempublikasikan urutan genetik virus dari Beijing yang menyebut strainnya mirip dengan yang ada di Eropa.

“Seperti yang kita lihat di banyak negara, munculnya kasus baru, terutama jika tidak diketahui asal usulnya, selalu menjadi perhatian,” sebut Ryan.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.