Virus Corona Semakin Melemah? Ini Penjelasannya

0
2446

TNews, SEHAT – Hingga kini total kasus virus Corona di seluruh dunia hampir menyentuh 8 juta orang. Namun muncul dugaan dari beberapa dokter tingkat keparahan penyakit virus Corona COVID-19 sedikit menurun. Benarkah demikian?

Dikutip dari Healthline, dokter di Pusat Medis Universitas Pittsburgh (UPMC) misalnya, mengatakan bahwa pasien Corona tampaknya tidak memiliki keparahan seperti sebelumnya. Saat dites, pasien Corona menunjukkan viral load atau jumlah virus lebih rendah daripada pasien Corona yang dirawat sebelumnya.

Menurut dokter di UPMC, jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan ventilator juga mengalami penurunan. Tren serupa baru-baru ini diamati di Italia. Seorang dokter Italia mengatakan bahwa virus Corona COVID-19 semakin melemah karena beberapa orang di Italia yang baru didiagnosis terinfeksi Corona menunjukkan jumlah virus lebih rendah daripada mereka yang dites sebulan lalu.

Tidak sedikit para ahli mengkritisi dugaan ini. Dikatakan bahwa belum ada kesimpulan dan cukup bukti yang benar-benar menjelaskan virus Corona semakin melemah.

Dikutip dari Healthline, berikut 3 fakta di balik virus Corona disebut semakin melemah.

Tidak ada bukti virus Corona bermutasi menjadi lebih lemah

Para ahli kesehatan mengatakan tidak ada bukti bahwa virus Corona COVID-19 telah bermutasi menjadi versi yang lebih lemah. Penelitian menunjukkan virus telah bermutasi adalah hal yang normal. Namun tidak ada bukti bahwa virus tersebut mengalami lebih banyak mutasi yang mempengaruhi tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

“Saya kira kita belum memiliki bukti mengenai hal ini,” kata Dr Heidi Zapata, seorang dokter penyakit menular dan asisten profesor kedokteran Yale di sekolah kedokteran.

Amesh Adalja, seorang dokter penyakit menular dan sarjana senior untuk Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, mencurigai perubahan dalam perilaku virus Corona baru disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah pengujian.

“Pada awal pandemi, kami belum meningkatkan pengujian, dan ada penundaan antara ketika orang mengembangkan gejala dan ketika mereka diuji,” kata Adalja.

“Sekarang seluruh dunia lebih tanggap dalam melakukan tes massal. Kami juga menguji lebih banyak orang dengan gejala yang lebih ringan yang mungkin memiliki viral load yang lebih rendah. Kami menjadi jauh lebih baik dalam pengujian, dan kami menguji jauh lebih cepat sekarang,” demikian menurut Adalja.

Menurut Adalja, jumlah virus yang terpapar pada seseorang saat terinfeksi Corona memengaruhi viral load mereka di kemudian hari.

“Mungkin orang terinfeksi dengan jumlah virus yang lebih rendah sekarang karena begitu banyak jarak sosial telah dilakukan,” kata Adalja.

Bisakah karena pengaruh cuaca?

Hal yang juga menjadi pertanyaan apakah cuaca panas berpengaruh pada penularan virus Corona COVID-19. Studi awal menemukan panas dan udara kering dapat membantu mencegah virus Corona bertahan hidup di permukaan.

Namun virus ini utamanya menyebar melalui percikan yang keluar saat seseorang batuk dan bersin, bukan melalui kontaminasi permukaan. “Orang harus mencatat bahwa peningkatan COVID-19 di negara tropis dapat bertentangan dengan gagasan bahwa dengan musim panas akan datang akhir COVID-19,” kata Zapata.

Zapata mengatakan jelas kemungkinan bahwa faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet, panas, dan kelembaban memang memengaruhi perilaku virus. Sebagai contoh, influenza menjadi lebih menular selama bulan-bulan musim dingin karena udara yang dingin dan kering. Namun, masih belum diketahui pasti bagaimana cuaca dan lingkungan akan memengaruhi coronavirus baru, catat Zapata.

Butuh lebih banyak riset

Kami tidak memiliki jawaban yang jelas tentang mengapa virus tampaknya berubah. “Saya #pikir penting untuk belajar untuk melihat apa yang sedang terjadi,” kata Adalja.

Para peneliti harus melihat semua pasien dan karakteristik penyakit mereka pada awal pandemi dan sekarang untuk mengidentifikasi perubahan dalam viral load atau lintasan penyakit orang. Adalja mengatakan kami membutuhkan lebih banyak data untuk membantu kami memahami jika ada fenomena nyata yang terjadi di sini.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.