Waspada Gejala Kolesterol Tinggi, Bikin Lidah Berubah Warna!

0
14
Ilustrasi Warna Lidah Berubah Saat Kolestrol Tinggi (Foto: Ayoindonesia)

TNews, KESEHATAN – Perhatikan lidah Anda. Jika menemukan ada perubahan ke warna tertentu, bisa jadi hal tersebut berhubungan dengan kondisi statis darah.

Statis darah adalah kondisi saat darah tertahan di suatu tempat. Statis darah bisa muncul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Warna lidah seperti apa yang menunjukkan gejala kolesterol tinggi?

Meski tidak dalam semua kasus, warna lidah ungu bisa jadi menandakan kolesterol tinggi. Berdasarkan ulasan, lidah berwarna ungu mengindikasikan pembesaran pembuluh darah sublingual (pembuluh darah di bawah lidah).

“Semburat ungu di lidah bisa berarti bintik-bintik statis darah di ujung dan pembuluh darah sublingual yang bengkok, tebal, dan gelap,” demikian yang tertulis dalam ulasan.

Akan tetapi, warna lidah ungu tak selalu menunjukkan gejala kolesterol tinggi. Seperti dikutip dari Healthline, dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu bisa juga terjadi akibat sirkulasi darah tidak lancar dan kekurangan oksigen.

Penyebab sianosis atau perubahan warna pada lidah cukup beragam. Biasanya sianosis disebabkan masalah yang berkaitan dengan paru-paru atau jantung.

Selain perubahan warna lidah, gejala kolesterol tinggi juga bisa dilihat dari warna bibir. Bibir berwarna merah tua atau kebiruan, misal, juga bisa menandakan statis darah.

Akan tetapi, Anda juga perlu mewaspadai gejala lain seperti nyeri pada dada atau sensasi seperti ditusuk, sesak, dan palpitasi jantung (detak jantung cepat).

Untuk lebih memastikan perubahan warna lidah atau bibir berkaitan dengan kolesterol tinggi, Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Sumber: Halodoc.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.