Waspada! Ini 3 Gejala Covid-19 pada Pencernaan, Jangan Sampai Abai

0
19
Ilustrasi Gangguan Pada Sistem Pencernaan (Foto: Sehatku)

TNews, KESEHATAN – Gejala Covid-19 biasanya identik dengan berbagai masalah di sistem pernapasan. Tapi nyatanya tidak, ada beberapa gejala Covid-19 pada pencernaan yang justru patut juga diwaspadai.

Kenyataannya, Covid-19 tidak sesederhana itu. Tak cuma menyerang sistem pernapasan, SARS-CoV-2 juga menyerang sejumlah organ tubuh lainnya, termasuk saluran pencernaan.

Gejala Covid-19 yang berhubungan dengan masalah gastrointestinal ini bahkan akhir-akhir ini disebut cukup banyak dikeluhkan pasien.

Tim peneliti di ZOE Covid Study di Inggris meyakini bahwa gejala Covid-19 varian Omicron memang sedikit berbeda. Strain Omicron disebut bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan atau bahkan melewatkan jam makan.

“Tidak perlu memaksakan diri untuk makan jika Anda tidak ingin, tetapi sangat penting untuk tetap minum cairan untuk membantu menggantikan air yang hilang saat tubuh Anda melawan infeksi,” kata tim peneliti.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris atau NHS juga menyoroti prevalensi kedua gejala tersebut. Dikatakan, “Banyak orang mengalami kehilangan nafsu makan dan berkurangnya asupan makanan saat tidak sehat karena Covid-19 dan selama pemulihan. Adalah normal untuk merasa lelah setelah tidak sehat, dan pemulihan membutuhkan waktu.”

Berikut ini gejala Covid-19 Omicron pada pencernaan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan.

1. Mual

Mual diperlihatkan dengan adanya rasa tidak nyaman pada mulut dan perut. Mengutip Health, mual memang termasuk dalam gejala Covid-19 yang tidak umum.

2. Muntah

Mual biasanya akan disertai dengan muntah. Rasa mual yang tak terbendung bisa menyebabkan perut bergejolak dan mendorong isinya untuk kembali naik ke tenggorokan.

Akibatnya, Anda memuntahkan makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

3. Diare

Diare pada orang yang terpapar Covid-19 biasanya tidak berlangsung lama. Diare hanya muncul beberapa hari saja. Biasanya, diare disertai dengan gejala mual dan muntah.

Diare yang disebabkan oleh Covid-19 cenderung lebih encer, berwarna kuning atau hijau. Kondisi ini mungkin disertai dengan perut kram dan kembung.

Tapi ingat, ketiga gejala Covid-19 pada pencernaan pasti akan disertai dengan tanda umum lainnya. Sebut saja demam, batuk, hidung tersumbat, atau badan terasa pegal.

Segera lakukan pemeriksaan uji swab PCR/antigen jika mengalami gejala di atas untuk memastikan status Covid-19.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.