Irdam Pattimura Pimpin Upacara Pembukaan Ops Gaktib dan Yustisi Tahun 2023

0
29
Irdam Pattimura Pimpin Upacara Pembukaan Ops Gaktib dan Yustisi Tahun 2023

TNews, AMBON – Untuk menciptakan Prajurit yang Profesional dan taat terhadap Hukum yang berlaku di Negara Indonesia, perlu adanya Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) dan Yustisi Gabungan Polisi Militer (POM) TNI.

Irdam XVI/Pattimura Brigadir Jenderal TNI Dadang Rukhiyana, S.E., M.Si. mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, S.E., M.M. menjadi Irup Pada Upacara Pembukaan Gelar Ops Gaktib dan Yustisi Tahun 2023 di Lapangan Upacara Makodam XVI/Pattimura Ambon, Rabu (08/03/2023).

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Irdam XVI/Pattimura, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M menyampaikan upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menjadi hal yang sangat penting sesuai visi dan misi TNI dalam mewujudkan prajurit TNI yang profesional, modern dan tangguh.

Gambar: Irdam Pattimura Pimpin Upacara Pembukaan Ops Gaktib dan Yustisi Tahun 2023

“Hal ini sesuai dengan tema dari Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Polisi Militer tahun 2023 ini adalah, “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2023, Polisi Militer siap meningkatkan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit, guna menjadi Patriot NKRI, dalam rangka mendukung Pembangunan Nasional,” ujar Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI, ada tiga sasaran pokok dalam penyelenggaraan operasi gaktib dan operasi yustisi yang digelar sepanjang tahun 2023 ini.

Meningkatkan disiplin, tata tertib serta kepatuhan hukum segenap prajurit TNI baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari. Menindak prajurit TNI yang melanggar hukum, disiplin, dan tata tertib di mana pun berada. Terakhir mencegah arogansi prajurit TNI yang dapat merendahkan martabat dan citra TNI di masyarakat.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI berharap Polisi Militer harus menjadi contoh terbaik dari ketaatan terhadap hukum dan menjadi model serta sosok terbaik dari disiplin seorang prajurit. Kehadiran dari prajurit Polisi Militer TNI bukan untuk ditakuti, tetapi justru diinginkan dan dicari.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kapoksahli Pangdam Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., Kepala Kantor Bea Cukai Ambon R. Teddy Laksmana, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Drs. Rohmad Nursahid, Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin S.Ik, Kadisops Lanud Pattimura Letkol pom Fernando Effendi., S.kom., M.Ipol., Perwakilan Kejaksaan Tinggi Maluku, Dirlantas Polda Maluku, Danpomal IX/Ambon Letkol Laut (PM) Raka Momon Saputra, A.pi.,S.H., M.Krim., M.Tr.Opsla, Kadilmil Ambon Kolonel Chk R. ACH Agus Purno Wijoyo, S.H., Kasi Ops Korem 151/Binaiya Kasiops Kasrem 151/BNY Kolonel Inf Dodik Novianto, S.Sos. dan sejumlah Pajabat Utama Kodam XVI/Ptm. (Pendam16).*

Reporter : Fredsa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.