DPRD Kota Gorontalo Seriusi Kasus Gagal Ginjal Akut Terjadi kepada Anak

0
65
Foto suasana rapat Komisi A Dekot Gorontalo bersama dengan lembaga kesehatan di Kota Gorontalo membahas terkait kasus Gagal Ginjal Akut. (Foto Alwi)

TNews, KOTA GORONTALO – Komisi A DPRD Kota Gorontalo menggelar rapat kerja komisi bersama dengan lembaga kesehatan di lingkungan Kota Gorontalo guna membahas kasus gagal ginjal akut yang tengah mewabah saat ini. Rapat tersebut dilaksanakan pada Selasa (25/10/2022) bertempat di Aula I DPRD Kota Gorontalo.

Hadir dalam rapat tersebut beberapa lembaga kesehatan diantaranya Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Direktur Rumah Sakit, serta beberapa Kepala Puskesmas di lingkungan Kota Gorontalo.

Dalam rapat tersebut Wakil Ketua Komisi A Darmawan Duming menuturkan bahwa saat ini sesuai data dari Dinas Kesehatan kasus Gagal Ginjal akut di Kota Gorontalo memang belum ada, namum meskipun begitu dirinya berharap agar ada langkah penanganan secara cepat dari pihak terkait untuk mencegah adanya penyakit tersebut

“Sampai dengan hari ini kasus gagal ginjal akut di Kota Gorontalo memang belum ada, namun kita semua jangan sampai lengah dan pihak Dinas Kesehatan serta instansi lainnya harus segera bergerak cepat untuk langkah pencegahannya ” Tutur Darmawan.

Selain itu politisi PDIP tersebut juga menginsturksikan pihak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk segera menarik beberapa obat yang diduga terindikasi sebagai pemicu gagal ginjal akut khususnya pada anak.

“Pihak BPOM sebagai instansi yang menangani terkait obat-obatan dan makanan harus segera bergerak cepat guna mencegah adanya penyakit gagal ginjal akut salah satunya dengan menarik beberapa obat-obatan yang terindikasi menjadi pemicu gagal ginjal akut” Tambahnya.

Namun beliau berharap agar dengan adanya gerak cepat dari pihak terkait serta langkah penanganan yang efektif dapat mencegah adanya kasus gagal ginjal akut, mengingat gagal ginjal akut ini sangatlah berbahaya terlebih jika menyerang pada anak-anak.

“Semua pihak harus saling berkolaborasi dalam melakukan langkah penanganan agar kasus gagal ginjal akut ini dapat segera diantisipasi,” tutupnya.

Reporter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.