Erman Latjengke Perjuangan Anggaran RSUD Otanaha di Tahun 2023

0
14
Aleg Dekot Erman Latjengke

TNews, KOTA GORONTALO – Anggota DPRD Kota Gorontalo Erman Latjengke mengaku siap memperjuangkan PAGU anggaran untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Otanaha Kota Gorontalo di tahun 2023 nanti.

Hal tersebut disampaikan Erman saat menghadiri rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama TAPD pada Senin, (21/11/2022). Erman menegaskan bahwa RSUD Otanaha tiap tahunnya mendapatkan kurang lebih RP 3 Milliar khususnya dari pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Pendapatan dari RSUD Otanaha ini memanglah sangat besar, akan tetapi pendapatan dari pelayanan peserta JKN ini tidak bisa dicairkan oleh Badan Penanggungjawab Jaminan Sosial (BPJS) sebab nilai PAGU anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kota tidak sesuai dengan pendapatan yang ada” tegas Erman.

Ketua Komisi A tersebut juga menambahkan bahwa pendapatan lainnya dari pasien non-BPJS di RSUD Otanaha mencapai 1 Milliar per tahunnya, namun meskipun begitu rumah sakit juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk menunjang pelayanan kesehatan lainnya seperti membeli obat-obatan dan membayar jasa tenaga kesehatan.

“Danannya sudah tersedia akan tetapi tidak bisa dibelanjakan sebab nilai Pagu anggarannya sangat dibawah dari pendapatan yang diterima, Sehingga sangat penting untuk menambah nilai anggaran bagi RSUD Otanaha di Tahun 2023 nanti” tambahnya.

Politis Partai Demokrat tersebut berharap agar di APBD induk Kota Gorontalo pada tahun 2023 nanti anggaran RSUD Otanaha dapat di tambahkan sehingga hal ini dapat lebih menunjang pelayanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit tersebut.

“Sehingga kedepan pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal, serta Nakes, Dokter dan lain-lain JKN bisa terbayarkan” pungkasnya.

Reporter : Alwi Kakoe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.