Gelar Kick off Metting, Ini Arahan Wali Kota Kepada OPD di lingkungan Pemkot Gorontalo

0
32
Wali Kota Marten Taha saat memberikan sambutan dan arahan pada Kick Off Meeting pada segenap OPD dilingkungan Pemkot Gorontalo, pada Jum’at (03/02/2023). Foto : Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menggelar Kick Off Meeting bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam rangka pembahasan program kerja tahun 2023. Jum’at (03/02/2023).

Dalam arahannya, Wali Kota Marten Taha menyampaikan, dalam rangka mewujudkan visi misi ibarat mata rantai yang saling berkesinambungan yang tidak ada putusnya, agar bisa dicapai bersama secara sistematis.

Kata Marten, proses tersebut harus diawali dengan proses perencanaan dalam RPJMD yang kemudian penjabat setiap tahunya dituangkan dalam RKPD

“RKPD tersebut menjadi dasar penyusunan APBD yang tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. Sehingga memerlukan sinergitas dan peranan seluruh OPD sebagai pengguna anggaran,” tuturnya.

Idealnya, setiap anggaran yang dialokasikan harus sepenuhnya dapat diidentifikasi oleh pengguna anggaran, dalam hal ini OPD. Apabila anggaran tidak mencerminkan peran organisasi dan peranan tanggungjawab kinerja, maka akan timbul persepsi bahwa anggaran tidak dapat di pertanggungjawabkan.

“Dalam mencapai kinerja tersebut pimpinan OPD diberikan fleksibilitas apalagi itu tercapai dengan baik maka itu perwujudan pelayanan pemerintah secara prima kepada masyarakat,” kata Marten.

Ia juga mengintruksikan semua OPD wajib mendukung pencapaian program strategis nasional, yaitu pengendalian inflasi dan perceptan penurunan masalah stuting.

“Seluruh pimpinan OPD harus dapat melakukan pengendalian internal atas seluruh perencanaan penganggaran, hingga pengelolaan keuangan seluruh kegiatan diruang lingkup OPD masing masing,” tegasnya.

Terakhir Marten Taha berharap seluruh jajaran pemerintahan Kota Gorontalo dapat bersinergi satu sama lain dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah sesuai bidang tugas, fungsi dan kewenangannya.

“Dengan komunikasi dan Koordinasi baik serta semangat kerja yang tinggi semoga kita dapat hasil kerja yang memuaskan,” tandasnya.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.