Gelar Rapat Kerja Bersama DLH dan Dishub, Komisi C Harapkan Peningkatan PAD

0
55
Irwan Hunawa Ketua Komisi C Dekot Gorontalo Saat Memimpin Rapat Kerja Komisi C bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Kota Gorontalo (Foto Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo menggelar Rapat kerja komisi bersama mitra Komisi yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Gorontalo pada Senin (13/02/2023) bertempat di Aula IV DPRD Kota Gorontalo.

Dalam rapat tersebut Komisi C mendorong agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya yang menjadi mitra Komisi C dapat benar-benar memikirkan bagaimana agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Gorontalo dapat meningkatk khususnya dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan.

“Kami melihat minimnya pendapatan dari dua dinas tersebut akan cukup berpengaruh dari adanya sub kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah, sehingga kami dari komisi C mendorong kepada dua dinas tersebut untuk lebih mengoptimalkan pendapatan yang ada” kata Irwan Hunawa saat diwawancarai usai rapat kerja Komisi C.

Selain itu Politisi partai Golkar tersebut juga menambahkan untuk Dinas Lingkungan Hidup sendiri, harus bisa untuk mengidentifikasi sedari awal berapa besar sasaran yang akan dipungut dari retribusi sampah beserta nilainya.

“Sebab ini yang kami lihat sebagai kelemahan dari dinas itu sendiri, sehingganya target-target kemarin tidak tercapai sebab ketidakmampuan dinas dalam mengelola hal tersebut” tambahnya.

Sedangkan untuk dinas perhubungan sendiri, Irwan menjelaskan bahwa saat ini ada banyak potensi tempat ataupun lahan-lahan yang bisa dijadikan tempat untuk pemungutan retribusi, namun ini belum dimaksimalkan.

“Maka kami menyarankan agar pihak dinas tersebut bisa sesegara mungkin memaksimalkan ini. Sebab saat ini banyak lahan parkir yang ada di beberapa ruas jalan namun itu tidak dimaksimalkan padahal hasil dari retribusi parkir tersebut dapat digunakan untuk perbaikan Jalan dan lain-lain.” ungkap Irwan.

Kedepan Irwan berharap agar ini menjadi perhatian bagi seluruh pihak khususnya OPD terkait dalam memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah. Sebab jika PAD dapat ditingkatkan maka kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat. “Maka saya yakin dan percaya ketika kita bisa mengindentifikasi sumber maka hasil juga dapat tercapai” pungkasnya.

Repoter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.