Gelar Rapat Kerja, Komisi A Minta OPD Mitra Percepat Realisasi Program Kegiatan

0
30
Gambar : Foto suasana rapat kerja Komisi A bersama OPD Mitra Guna Membahas Realisasi Program Kegiatan yang bersumber dari DAK dan DAU Senin (5/06/2023) (Foto Istimewa)

TNews.KOTA GORONTALO. Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo menggelar Rapat Kerja Komisi guna membahas evaluasi program kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Peruntukan pada Senin (5/06/2023) bertempat di Aula I DPRD Kota Gorontalo.

Adapun rapat tersebut digelar dengan mengundang sejumlah OPD yang menjadi mitra Komisi A, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Kepagawaian Pendidikan dan Kepelatihan (BKPP), Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM serta perwakilan dari pihak RS Aloe Saboe dan RS Otanaha.

Erman Latjengke selaku Ketua Komisi A saat diwawancarai usai kegiatan menyampaikan bahwa rapat tersebut digelar guna mengevaluasi sudah sejauh mana realisasi program kegiatan dari masing-masing OPD mitra, khususnya untuk beberapa OPD yang program kegiatannya bersumber dari DAU dan PAD.

“Kalau dari DAK dan DAU peruntukan, ketersediaan anggarannya memang sudah ada namun memang belum bisa dilaksanakan secara maksimal sebab masih ada beberapa yang harus dibenari regulasinya,” ungkap Erman.

Selain itu Erman menambahkan bahwa sejauh ini beberapa OPD Mitra capaian realisasi programnya masih  sangat dibawah bahkan belum mencapai angka 40 persen, sehingga hal ini tentunya menjadi perhatian khusus tersendiri.

“Memang lambatnya capaian program ini dikarenakan beberapa kendala yang muncul dilapangan, salaha satunya terkait pencairan anggaran. Namun hal ini tentunya tetap harus menjadi fokus utama bagi para OPD sehingga capaiannya dapat di tingkatkan,” tambahnya.

Terakhir Erman berharap agar dibulan ini realisasi ataupun peningkatan capaian program tersebut sudah harus meningkat sebab sekarang ini sudah memasuki bulan Juni ataupun triwulan kedua.

“Harapannya agar para OPD mitra bisa sesegara mungkin untuk memacu realisasi program kegiatan tersebut sebab ini sudah masuk pada triwulan kedua,” tandasnya.

Reporter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.