Hadapi Pesta Demokrasi 2024, Pemkot Gorontalo Paparkan Alokasi Dana Untuk Pemilu

0
16
Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono, pada rapat Forkopimda Diperluas Provinsi Gorontalo dalam rangka Sukses Pemilu Legislatif. (Humas)

TNews, KOTA GORONTALO – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, sejumlah persiapan pun mulai dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mensukseskan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Seperti halnya daerah lain, Pemerintah Kota Gorontalo turut mendukung pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak di tahun 2024. Termasuk berupa dukungan anggaran.

Hal ini pun dijelaskan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono, pada rapat Forkopimda Diperluas Provinsi Gorontalo dalam rangka Sukses Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Senin (7/11/2022).

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Wakil Wali kota Gorontalo, Ryan F. Kono, saat memaparkan kucuran dana pada Rapat Forkopimda Diperluas Provinsi Gorontalo dalam rangka Sukses Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo.

Ryan menjelaskan bahwa sesuai dengan usulan Rencana Belanja Anggaran (RAB) Komisi Pemilhan Umum (KPU)  Kota Gorontalo, yakni sebesar 37 Miliar dan dikoreksi berdasarkan hasil rapat TAPD yakni 32 Miliar lebih.

“Sesuai dengan usulan RAB KPU kota pada 4 Maret kemarin yakni sebesar 37 Miliar lebih, dan dikoreksi pada rapat TAPD Oktober lalu menjadi Rp.32.187.600.000,” terang Ryan F. Kono.

Lebih lanjut tahun ini kata Wawali, Pemkot Gorontalo telah mengalokasikan anggaran untuk KPU Kota Gorontalo, berupa belanja hibah KPU senilai Rp265 juta.

“Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Gorontalo pun telah memberikan alokasi dana hibah, untuk bagian pemerintahan sekretariat daerah KPU Kota Gorontalo dengan dana yang cukup besar yakni Rp265 Juta di tahun 2022 ini,” ungkap Ryan Kono.

Pihaknya menambahkan, untuk tahapan persiapan, Pemkot Gorontalo pun telah mengucurkan dana sebesar 3 Milyar pada tahun 2023 nanti, untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

“Sementara itu, untuk usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sendiri sebesar 18 Milyar lebih, yang dari usulan tersebut terakomodir pada tahun anggaran tahun 2023 di Kesbangpol sebesar Rp1.5 Milyar,”  tutupnya.

Reporter : Gean Bagit 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.