Ikuti Rakornas P2DD, Marten Taha akan Terapkan Digitalisasi Daerah di Kota Gorontalo

0
34
Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kegiatan Rapat Koordinasi P2DD di Grand Sahid, Jakarta. Selasa, (3/10/2023). (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2023, yang diselenggarakan bertempat di Grand Sahid Jakarta, Selasa, (3/10/2023).

Di sela-sela kesempatannya saat mengikuti Rakornas tersebut Wali Kota Marten Taha mengatakan bahwa, TP2DD ini adalah percepatan dan perluasan digitalisasi daerah dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan transformasi tata kelola keuangan.

“Semua daerah didorong untuk melakukan elektronifikasi pelayanan baik di dalam bidang keuangan kemudian juga di dalam transaksi maupun belanja-belanja daerah,” ucap Wali Kota Marten Taha.

“Sebab digitalisasi daerah ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi penggunaan anggaran baik itu dalam hal pendapatan maupun dalam belanja,” sambung Marten.

Lebih lanjut Wali Kota dua periode tersebut kembali menambahkan bahwa di dalam Rakornas tersebut juga ada beberapa Menteri dan Kementerian Lembaga (KL) seperti Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri yang diwakili Bapak Sekjend, dan kemudian Menko Ekuin (Menteri Koordinator Perekonomian) serta Kepala Bank Indonesia.

“Jadi keempat-empatnya menekankan bahwa daerah itu didorong untuk meningkatkan dan memperluas cakupan dalam rangka penggunaan digitalisasi daerah,”  ujar Marten.

Di akhir kesempatannya Marten memyampaikan bahwa, Pemerintah Pusat melalui Rakornas P2DD ini, memberikan instruksi untuk mendorong digitalisasi daerah.

“Jadi, semua transaksi itu harus sudah Non-Tunai apakah itu seperti melalui Qris, M-Banking, SMS-Banking dan instrumen-instrumen lainnya. Sebab diharapkan dengan adanya digitalisasi ini maka transparansi dari penggunaan anggaran itu makin terpelihara,” pungkas Marten.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.