Legislativ Dekot Harapkan Mutu Pendidikan di Kota Gorontalo Lebih Ditingkatkan

0
16
Foto Aleg Dekot Erman Latjengke Saat memberikan tanggapan pada pembukaan progran Desiminasi Merdeka Belajar.

TNews, KOTA GORONTALO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo mengharapkan adanya peningkatan mutu pendidikan di Kota Gorontalo guna menunjang tercapainya program merdeka belajar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Komisi A Erman Latjengke usai menghadiri Desiminasi Program Merdeka Belajar yang dilaksanakan oleh Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo pada Selasa (22/11/2022) bertempat di Hotel El-Madinah Kota Gorontalo.

Erman menjelaskan bahwa peran dari DPRD sendiri dalam hal memberi dukungan secara politik khususnya dari segi anggaran. DPRD memberikan dukungan penuh sebab untuk ranah pendidikan sendiri itu membutuhkan anggaran minimal 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk Kota Gorontalo sendiri anggarannya itu sudah lebih dari 20 persen, tinggal kemudian Dinas Pendidikan sebagai pihak terkait dapat mengaturnya sesuai regulasi dan kebutuhannya” ucap Erman.

Selain itu Ketua Komisi A tersebut juga menambahkan bahwa menurut data dari BPMP untuk penilaian terhadap murid yang dituangkan di dalam bagan itu masih sangat rendah dan masih dibawah standar sehingga harus ada peningkatan kapasitas guru.

“Sehingga setelah diskusi tadi telah disampaikan bahwa Dinas Pendidikan membutuhkan dukungan anggaran, tetapi jika pemanfaatannya itu tidak maksimal maka sama saja” tambahnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut berharap agar mengenai anggaran pendidikan ini dapat dibahas dan dikolaborasikan secara bersama oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan juga pihak DPRD. Sebab ketika anggaran ini telah diberikan maka harus dimaksimalkan oleh dinas terkait.

“Dengan adanya alokasi anggaran yang cukup untuk OPD terkait, maka peningkatan mutu pendidikan di Kota Gorontalo dapat bisa lebih dimaksimalkan” pungkasnya.

Reporter : Alwi Kakoe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.