Mahasiswa KKN Desa Pentadu Barat Sosialisasikan Pemanfaatan Gadget Bagi Anak Usia Dini

0
145
Foto Bersama Mahasiswa KKN Pentadu Barat Bersam DPL usai melaksanakan kegiatan Sosialisasi di SDN 04 Tilamuta.

TNews, KOTA GORONTALO – Kelompok mahasiswa UNG yang tergabung dalam KKN Tematik Desa Pentadu Barat menggelar kegiatan sosialisasi terkait pendampingan pemanfaatan gadget terhadap anak usia dini di SDN 04 Tilamuta Desa Pentadu Barat. Pada Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut juga turut dihadiri oleh Dosen Penanggungjawab Lapangan (DPL) yang juga bertindak sebagai narasumber kegiatan, Sekretaris Desa dan juga Kepala Sekolah SDN 04 tilamuta beserta seluruh tenaga pengajar lainnya.

Koodinator Desa (Kordes) Adam Muko yang juga selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para siswa/i di SDN 04 Tilamuta agar dapat memanfaatkan gadget dengan baik sebagaimana fungsinya agar tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya terlebih sampai mengganggu proses belajar mengajar.

“Sebab kita tau saat ini gadget merupakan salah satu produk teknologi yang dimiliki oleh manusia dan sangat mudah ditemui, sehingga dalam penggunaannya khususnya bagi para siswa harus dibekali dengan proses edukasi yang tepat sehingga tidak disalahgunakan” ucap Adam.

Selain itu menurutnya juga penggunaan gadget yang tidak sesuai dengan pemanfaatannya dapat menyebabkan terjadinya satu masalah tertentu, sehingga hal ini perlu untuk di antisipasi terutama untuk kalangan anak-anak.

“Apalagi mereka masih berusia dini, sehingga perlu pendampingan dan pengwasan khususnya dalam hal pemanfaatan gadget tersebut” tambahnya.

Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh Kepala Sekolah SDN 04 Tilamuta beserta pihak pemerintah Desa Pentadu Barat yang juga turut menghadiri kegiatan, menurut mereka kegiatan ini sangatlah membantu khususnya dalam hal pemanfaatan gadget oleh para siswa/i dan juga di sisi lain pihak wali murid dalam hal ini orang tua siswa dapat lebih memberikan pengawasan bagi pemanfaatan gadget untuk anak-anak mereka.

“Tentunya kegiatan oleh Mahasiswa KKN UNG ini sangatlah bermanfaat bagi kita semua, kedepan saya berharap bahwa hal ini bisa di implementasikan secara langsung agar para wali murid akan merasa tenang saat anak-anak mereka menggunakan Gadget” ucap Kepala SDN 04 Tilamuta.

Diakhir kegiatan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ririn Uloli, S.Pd.,M.Pd yang juga bertindak sebagai narasumber bersama mahasiswa KKN menghimbau agar penggunaan gadget bagi para siswa/i harus berada dalam pengawasan dan pendampingan sebagai bentuk upaya untuk menjaga proses dan semangat belajar para siswa/i.

Reportrer : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.