Mahasiswa KKN Tematik di Desa Mustika Jalankan Sosialisasi Pelatihan dan Pengolahan Pemasaran Hasil Pertanian

0
143

TNews, KOTA GORONTALO – Upaya membangun desa, mahasiswa KKN-Tematik Universitas Negeri Gorontalo di Desa Mustika, Kabupaten Boalemo, Kecamatan Paguyaman, melakukan sosialisasi terkait program inti KKNT mereka mengenai Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian di Desa Mustika. Pelatihan pengolahan hasil pertanian disini berupa padi yang dijadikan beras dan kemudian dikemas secara menarik untuk dipasarkan juga dengan pemanfaatan bonggol jagung untuk menjadi pakan ternak juga menjadi pupuk.

Dikarenakan banyaknya lahan pertanian mulai dari sawah, kebun jagung hingga kebun tebu di Desa Mustika maka dari itu dimanfaatkanlah lahan pertanian ini sebagai salah satu bidang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa Mustika.

Rizal Bobihu, selaku Kordes KKNT di desa Mustika mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program yang dijalankan sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Awalnya program inti kami ini mengolah ikan tuna menjadi dendeng, namun ternyata di desa Mustika ini tidak terdapat sumber perairan berupa laut, maka dari itu kami berdiskusi dengan DPL kami untuk mengubah program inti kami, dengan mengobservasi apa saja yang bisa diangkat untuk menjadi program inti kami, dan akhirnya kami menemukan bahwa desa Mustika ini terkenal dengan lahan pertanian yang sangat luas dan banyak serta mayoritas pekerjaan di desa ini yaitu petani, meskipun mereka tidak semuanya memiliki lahan sendiri,” Rizal Bobihu, Rabu, (26/10/2022).

Kordes juga mengatakan bahwa pelaksanaan program inti ini selain bertujuan untuk membangun desa, juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Mustika, dengan memanfaatkan lahan-lahan pertanian yang ada di desa. Manfaat dari program inti ini bisa dirasakan ketika masyarakat mampu mengimplementasi hasil dari pelatihan ini pada kehidupan sehari-hari agar pendapatan ekonomi masyarakat meningkat.

Program ini tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dari pemerintah desa Mustika yang sangat mendukung kegiatan program inti dari mahasiswa KKNT tahun ini, yang mana telah melakukan peninjauan terhadap potensi-potensi produk pertanian yang ada di desa. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 Oktober 2022 di aula kanto desa Mustika dengan dihadiri oleh masyarakat desa Mustika dan pendampingan dari aparat desa.

Dalam laporan oleh Koordinator Desa sewaktu sosialiasi, dia mengatakan bahwa selama 45 hari pelaksanaan KKNT tersebut, selain melaksanakan satu program inti yang mereka bawa, mereka juga memiliki delapan program tambahan lainnya. Dimana beberapa program tambahan ini sudah berlangsung sebelum pemaparan program inti dilakukan.

Hubungan antara masyarakat desa Mustika, aparat desa Mustika, hingga Karang Taruna dan Rema Muda di desa Mustika dengan Mahasiswa KKNT 2022 sangat baik, mereka berkolaborasi dalam beberapa kegiatan yang bisa menambah keakraban dengan masyarakat berupa Tournament Volly Ball, dan Lomba Kesenian, Olahraga dan Kegamaan.

Reporter : Gean Bagit 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.