Memaksimalkan Imunisasi di Kota Gorontalo, Perlu Didukung Lintas Sektor

0
34
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono

TNews, KOTA GORONTALO – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono mengatakan perlu ada upaya kolaborasi yang terintegrasi untuk memaksimalkan imunisasi di Kota Gorontalo.

Menurutnya, perlu ada dukungan dari lintas sektor dan masyarakat dalam memaksimalkan imunisasi tersebut.

Ryan menjelaskan, dengan adanya pandemi yang merang Indonesia khusus Kota Gorontalo yang sudah kurang lebih 2 tahun, membuat pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal. Data beberapa tahun menunjukkan, terjadinya penutuni cakupan imunisasi rutin.

“Semua kategori imunisasi terjadi penurunan. Baik imunisasi rutin, imunisasi dasar, imunisasi lanjutan mengalami penurunan yang signifikan,” kata Ryan Kono saat memberikan sambutan di pertemuan koordinasi dan evaluasi percepatan pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional, Selasa (11/10/2022)

Politisi Partai Golkar ini melanjutkan, hak-hak anak harus terpenuhi. untuk mencegah terjadinya penyakit menular dan penyakit-penyakit lainnya.

“Kita ingin ibu-ibu ataupun orang tua dari si anak ini mengunjungi fasilitas kesehatan untuk imunisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ryan menjelaskan, dampak dari penurunan imunisasi tersebut, dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah kasus PD3I seperti campak, rubella, dan difteri dibeberapa wilayah. Padahal, Indonesia berkomitmen penyakit seperti itu harus sudah mencapai eliminasi di tahun 2023.

“Selain imunisasi rutin, upaya dalam mencapai eliminasi campak, rubella/CSR adalah dengan melaksanakan imunisasi tambahan campak-rubella yang sifatnya massal,” jelasnya.

Dikatakan Ryan, agar bisa menekan penyakit yang ada, dibutuhkan kolaboratif terintegrasi yang dapat menyatukan kegiatan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar. Hal itu berguna, menutup kesenjangan imunitas di masyarakat.

“Nantinya akan ada kegiatan BIAN, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dan peran lintas sektor demi suksesnya kegiatan BIAN di Kota Gorontalo”

“Kami, Pemkot Gorontalo terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, komprehensif, bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Kota Gorontalo, termasuk juga pelayanan imunisasi,” Tutupnya.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.