Paparkan LKPJ, Ryan Kono Beberkan Sejumlah Capaian Prestasi Diraih Pemkot Gorontalo

0
33
Gambar: Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono saat memaparkan LKPJ dihadapan Para Anggota DPRD Kota Gorontalo disaksikan oleh sejumlah SKPD yang hadir. Senin, (13/03/2023). (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menghadiri Rapat Paripurna yang digelar oleh DPRD Kota Gorontalo, terkait penyampaian Wakil Wali Kota terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022, Senin (13/03/2023).

Dalam kesempatannya saat memaparkan LKPJ dalam rapat paripurna. Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menyampaikan bahwa sekiranya ada 6 (Enam) Agenda prioritas pembangunan daerah yang dilandaskan pada Visi dan Misi serta memperhatikan kondisi permasalahan dan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022

“Ada 6 (Enam) skala prioritas pembangunan daerah yang disesuaikan dengan kondisi permasalahan dan kebutuhan daripada masyarakat, 6 (Enam) agenda tersebut ialah meliputi, Pembangunan Manusia, Pembangunan Infrastrusktur, Meningkatkan Ketahanan dan Daya Saing Ekonomi Kerakyatan, Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran, Reformasi Birokrasi serta yang terakhir ialah Penguatan Peran Agama dan Budaya,” Ucap Ryan

Lebih lanjut Ryan Menuturkan bahwa, LKPJ ini disusun karna mempunyai makna yang begitu strategis dalam proses pembangunan untuk menjaga kesinambungan dan keberlanjutan program yang dilaksanakan.

“Iya, sejatinya LKPJ disusun dan dibuat dengan memperhatikan makna begitu strategis dalam proses pembangunan demi menjaga kesinambungan dan keberlanjutan program yang dilaksanakan. Sebab dengan mekanisme semacam ini progres permasalahan pembangunan yang dilasanakan dapat dievaluasi dan dibahas bersama DPRD dan nantinya akan menghasilkan berupa rekomendasi yang menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan perbaikan atas pelaksanaan pembangunan di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Ryan

Kemudian Ryan Kono menerangkan bahwa, kita harus berbangga bahwa kebijakan strategis Pemkot Gorontalo, dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, kemudian disertai dengan pengendalian inflasi yang berada dibawah angka inflasi nasional, kemudian terjadi penurunan angka kemiskinan, pemerintah juga berhasil menurunkan stunting serta penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan Kota Gorontalo berjalan secara optimal.

“Kita semua harus bergembira bahwa Pemkot Gorontalo berhasil menumbuhkan pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan strategis yang ditempuh oleh Pemkot Gorontalo dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi Covid-19, kemudian Kota Gorontalo berhasil meraih penghargaan TPID Awards selama 3 tahun berturut-turut karena termasuk daerah yang mampu mengendalikan inflasi,”

“Kemudian angka kemiskinan di Kota Gorontalo pun ikut berkurang dari yang sebelumnya di tahun 2021 sebesar 5,93% kini ditahun 2022 menjadi 5,73%. Pemerintah pun berhasil menurunkan angka Stunting sebesar 7,4 Poin menjadi 19,1% dibandingkan tahun 2021 sebesar 26,5% dan capaian tersebut berada dibawah angka stunting nasional maupun provinsi dan Penyelenggaran Pemerintahan dan Pembangunan di Kota Gorontalo di tahun 2022 berjalan secara optimal dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 78,22% dibandingkan dengan IPM pada tahun 2021 yang hanya pada angka 77,41%,” sambung Ryan.

Dalam kesempatan terakhirnya memaparkan LKPJ dihadapan para Anggota DPRD Kota Gorontalo, Ryan Kono menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada masyarakat, kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD serta juga kepada para Pimpinan Perangkat Daerah.

“Saya beserta Bapak Wali Kota menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang telah bahu membahu dan bekerja sama dalam mewujudkan masyarakat Kota Gorontalo yang Sejahtera, Maju, Aktif, Religius, dan Terdidik,” tutup Ryan.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.