Pemkot Gorontalo Dorong Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja di Era Digitalisasi

0
17

TNews, KOTA GORONTALO – Pemkot Gorontalo Dorong Tenaga Kerja Kompeten di Era Digital Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F Kono, saat membuka pelatihan digital talent schalarship Thematic Academy (TA) desain grafis dan aplikasi perkantoran untuk pengelolaan pesantren, penyuluh agama, guru dan tenaga kependidikan madrasah yang diselenggarakan Dinas Kominfo Manado, di hotel Grand Q, Selasa (11/10/2022).

Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mendorong peningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih kompeten di era digitalisasi. Sehingga mampu merespon perkembangan kebutuhan pasar kerja.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F Kono, mengungkapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknologi informasi dan komunikasi harus dioptimalkan. Menurutnya saat ini kualitas SDM perlu digenjot.

Olehnya, peningkatan SDM ini menjadi hal yang perlu dilakukan agar tenaga kerja di Kota Gorontalo lebih berkompeten, terlebih dalam bidang TIK.

“Kita perlu melihat peluang di era digitalisasi seperti sekarang ini, maka dalam hal itu perlu adanya pengetahuan tentang teknologi, dengan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kemahiran setiap tenaga kerja didalam pemanfaatan teknologi dan informasi,” jelas Ryan.

Lebih lanjut, ia mengatakan Thematic Academy yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu dari 8 akademi/program digital talent sholarship. Kegiatan ini dibagi dalam 5 kelas dengan 2 skema berbeda yaitu design grafis 3 kelas dan junior office operator 2 kelas.

“Kita patut bersyukur bahwa kegiatan ini dilaksanakan di kota gorontalo, dimana fokus pelatihannya yaitu bidang TIK untuk pengelola pesantren, penyuluh agama, guru dan tenaga kependidikan Madrasah, program ini tentu tujuannya untuk mencetak talenta digital dibidang pendidikan” jelas Wawali Gorontalo.

Terakhir, ia meminta kepada peserta agar bisa mengembangkan skill seperti 2 skema tersebut, jika tidak maka pekerjaan yang dilakukan akan di ambil alih oleh orang-orang yang memiliki dan menguasai skill tersebut.

“Untuk itu saya berpesan kepada semua peserta untuk terus memotivasi diri, terus belajar dan mengembangkan skill, olehnya pelatihan hari ini menjadi hal penting bagi kita semua” pesan Ryan.

“Besar harapan saya agar seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga melahirkan banyak talenta digital yang kompeten dan luar biasa, khususnya dibidang pendidikan”, tutupnya.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.