Pemkot Gorontalo Miliki Aplikasi Srikandi, Marten Taha: Wujud Komitmen Lindungi Arsip dan Data

0
59
Wali Kota Marten Taha, pada agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), bertempat di Hotel TC Damhil, Rabu (23/11/2022). (Foto : Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO – Penggunaan Aplikasi Srikandi sebagai aplikasi umum instansi pemerintahan, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan.

Hal ini, sebagaimana yang dikatakan Wali Kota Marten Taha, pada agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), bertempat di Hotel TC Damhil, Rabu (23/11/2022).

“Hal ini dikarenakan setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan Aplikasi Srikandi ini, arsip yang dibuat dan dikelola dalam SPBE akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan hak keperdataan rakyat.

“Aplikasi Srikandi memiliki beberapa fitur utama. Di antaranya yang pertama, fitur pembuatan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah,”

“Kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pengiriman dan pemusnahan arsip,” tutupnya.

Reporter : Gean Bagit 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.