Ryan Kono : Budaya Mohuyula sebagai Manifestasi Kemajuan Koperasi

0
24
Gambar : Wakil Wali Kota Ryan Kono, saat memberikan sambutan di kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi Koperasi di Kota Gorontalo, bertempat di Hotel Grand Q. Senin, (5/06/2023) (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menghadiri secara langsung pembukaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi Koperasi di Kota Gorontalo yang dilaksanakan di Hotel Grand Q. Senin, (5/06/2023).

Dalam kesempatannya saat diwawancarai oleh awak media Ryan Kono menuturkan bahwa, koperasi itu sangat beragam jenisnya mulai dari Koperasi Pegawai dan Non Pegawai serta Koperasi Simpan Pinjam.

“Jika berbicara mengenai koperasi maka sangat beragam jenisnya, seperti ada Koperasi Simpan Pinjam, kemudian ada pula Koperasi Pegawai dan Non Pegawai,” ungkap Ryan.

Lebih lanjut Ryan menuturkan bahwa tujuan daripada kegiatan ini ialah untuk meningkatkan sumber daya yang berkaitan langsung dengan bidang per-koperasian.

“Kegiatan ini diwujudkan dalam rangka melatih dan sekaligus meningkatkan Softskill dan mengasah Sumber Daya Manusia yang basisnya bertautan langsung dengan bidang Per-Koperasian ini,” ucap Ryan.

“Kemudian ada satu hal yang menarik yaitu, bagaimana Koperasi di Kota Gorontalo ini bisa saling berkolaborasi, jadi koperasi itu intinya kalau kita merujuk pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 adalah sifatnya gotong royong, kalau berbicara mengenai gotong royong pasti melibatkan ‘rasa’, yaitu rasa keinginan daripada anggotanya untuk memajukan koperasi tersebut dan itu selaras dengan budaya Kita di Gorontalo yang dikenal dengan ‘Mohuyula’, nah itu yang Saya kira harus termanifestasi, untuk memajukan koperasi tersebut,” sambung Ryan.

Di akhir wawancaranya Politisi Muda Partai Golkar tersebut menuturkan bahwa, di kegiatan tersebut akan lahir sebuah output ataupun inovasi yang nantinya akan memajukan per-Koperasian yang ada di Kota Gorontalo.

“Output dari diklat ini akan lahir sebuah program yang dikenal dengan ‘Kolaborasi Per-Koperasian’ nantinya Koperasi yang sudah berjalan cukup maju akan membina koperasi yang masih berjalan agak lambat untuk bagaimana sama-sama bisa saling bersinergi dan melahirkan inovasi demi kemajuan koperasi,” tutup Ryan Kono.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.