Tampil Memukau di Hadapan 5000 Pasang Mata, Pemkot Gorontalo Pamerkan Pakaian Adat Gorontalo saat Karnaval Budaya

0
17
Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, didampingi Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak, saat mengikuti Pagelaran Karnaval Nusantara yang dilaksanakan di Pusatkan di Alun-Alun Kota Makassar, Rabu (12/07/2023) malam. (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bersama Ketua TP PKK dan segenap jajaran Pemerintah Kota Gorontalo turut meramaikan pagelaran karnaval budaya dalam pelaksanaan Rakernas Apeksi XVI yang dipusatkan di jantung ibu Kota daerah berjuluk angin mamiri itu. Rabu, (12/07/2023).

Dalam kesempatannya saat diwawancarai oleh awak media Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mangatakan bahwa, karnaval budaya nusantara adalah salah satu rangkaian pelaksanaan Rakernas APEKSI XVI tahun 2023, yang sangat dinanti-nantikan bukan hanya seluruh wali kota dari penjuru Tanah Air. Tetapi juga, masyarakat Kota Makassar yang menyaksikan kegiatan akbar tersebut.

“”Kegiatan karnaval budaya nusantara yang juga rangkaian dari Rakernas APEKSI XVI tahun 2023, bagian dari mempromosikan budaya nusantara khususnya Gorontalo. Dan kami dari kontingen Pemerintah Kota Gorontalo, seluruhnya memakai pakaian adat khas Gorontalo,” ujar Wali Kota Marten Taha.

Pemerintah Kota Gorontalo sendiri ikut meramaikan dan mewarnai jalannya karnaval budaya nusantara tersebut, yang disaksikan sebanyak 5000 pasang mata masyarakat Kota Makassar. Apalagi kontingen Kota Gorontalo tampil memukau dengan pakaian adat khas Gorontalo, dipimpin langsung Wali Kota Gorontalo Marten Taha memakai pakaian adat Gorontalo Andale Alapia, yang sama digunakan Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak.

Menariknya lagi, pada karnaval budaya nusantara ini turut disaksikan masyarakat asal Gorontalo, yang telah berdomisili di Kota Makassar. Bahkan di tengah kontingen Kota Gorontalo hendak menuju garis Finish, masyarakat asal Gorontalo menyapa Wali Kota Gorontalo dan kontingen dari Kota Gorontalo.

“Saya serta teman-teman sangat bangga, ternyata banyak juga masyarakat asal Gorontalo di Kota Makassar dan berdomisili di daerah ini. Tadi sepanjang perjalanan rombongan menuju garis finis, mereka menyapa kami,” ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak, turut menambahkan bahwa, dimana kontingen Kota Gorontalo juga mempromosikan pakaian adat Gorontalo, yakni Paluwala untuk pria dan Bili’u untuk wanita.

“Pakaian adat Gorontalo ini, seperti yang pernah Saya baca memiliki unsur otentik dengan ornamen yang indah, dan beragam sebagai perpaduan budaya Gorontalo dengan berbagai budaya yang masuk dan bercampur di masyarakat. Sehingga terlihat tampan dan cantik bagi pasangan yang memakainya,” pungkas Ketua TP PKK.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.