Tim PKM Kolaborasi Menggelar Workshop Pengembangan Usaha Kuliner Berbasis Ekonomi Kreatif dan Digital Marketing

0
31
Gambar : Kegiatan Workshop pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan Digital Marketing oleh tim PKM kolaborasi dosen dan mahasiswa di Desa Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.

TNews, GORONTALO – Tim PKM Kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Ichsan Gorontalo menggelar Workshop pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan Digital Marketing selama 3 hari pada tanggal 29 s.d 31 Juli bertempat di Aula Kantor Desa Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.

Workshop tersebut dihadiri oleh sekitar 30 peserta pelaku UMKM yang ada di Desa Yosonegoro dan para peserta menerima materi-materi terkait dengan ekonomi kreatif dan Digital Marketing.

Materi pada Workshop tersebut disampaikan oleh tim pelaksana PKM Jafar Lantowa, S.Pd.,M.A., Valentina Monoarfa, S.E.,M.M  dan Rofik Harun, S.Kom.,M.Kom.

Materi yang dibahas dalam Workshop ini berkaitan dengan proses sertifikasi halal untuk pelaku UMKM dan proses Digital Marketing.

Ketua Tim PKM Kolaborasi Jafar Lantowa S.Pd M.A mengatakan Workshop ini dilaksanakan karena berangkat dari permasalahan yang terjadi khususnya oleh pelaku UMKM kuliner yakni sedikitnya pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengembangkan usaha kuliner ke konsep ekonomi kreatif.

“Sehingga bagi kami hal ini sangatlah penting untuk dibahas bersama masyarakat sebab permasalahan tersebut berdampak pada pengemasan dan pemasaran yang bersifat konvensional. Oleh karena itu, diperlukan wadah dalam mengembangkan usaha kuliner masyarakat UMKM ini berbasis ekonomi kreatif, melalui kegiatan Workshop,” kata Jafar.

Workshop ini disambut dengan antusias peserta yang melontarkan banyak pertanyaan terkait dengan pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan Digital Marketing.

“Para peserta berharap agar nantinya kegiatan Workshop seperti ini dapat dilanjutkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif dan Digital Marketing,” pungkasnya.

Para narasumber pada Workshop ini juga menjelaskan terkait proses penerbitan sertifikat halal dimana materi tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Andriono Tobuhu dari Kanwil Kemenag Gorontalo dan dilanjutkan dengan pendampingan proses penerbitan sertifikat halal yang diawali dengan pendataan produk UMKM di Desa Yosonegoro.*

Reporter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.