Tingkatkan Produktivitas Pelaku Usaha, Pemkot Gorontalo Gulirkan Bantuan UEP

0
7
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono (Kiri) saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada masyarakat. (Foto : Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO – Sebanyak 55 warga Kota Gorontalo mendapatkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Rabu (14/12/2022) di aula kantor wali kota.

“Pada hari ini, kami menyerahkan secara simbolis bantuan sosial UEP atau usaha ekonomi produktif kepada 55 warga Kota Gorontalo yang tersebar di 50 kelurahan,” ucap Ryan ketika memberikan sambutan pada kegiatan itu.

Bantuan UEP merupakan program rutin Pemerintah Kota Gorontalo yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Program bantuan sosial UEP diperuntukkan kepada warga yang memiliki usaha kios dan tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dengan tujuan agar usaha yang digeluti dan menjadi sumber utama penghasilan semakin berkembang.

“Setiap penerima mendapat bantuan sebesar Rp. 2 Juta dalam bentuk barang yang akan diperdagangkan oleh mereka di kios masing-masing. Saya harap bantuannya digunakan sesuai peruntukkan. Jangan disalah gunakan,” harap Ryan seraya menambahkan bantuan sosial UEP kali ini menelan anggaran sekitar Rp. 110 Juta.

Ia menjelaskan, selain UEP, pihaknya juga sudah banyak menggulirkan ragam bantuan sosial.

Diantaranya, Bantuan Sosial Pangan Daerah (BSPD), bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE), bantuan sosial untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia (Lansia), bantuan sosial untuk korban bencana, bantuan sosial untuk PMKS lainnya.

“Berbagai bantuan yang kami gulirkan bukan untuk memanjakan warga.

Tapi, kami ingin merangsang mereka biar lebih produktif. Karena bantuan-bantuan yang kami gulirkan kebanyakan bantuan untuk modal usaha. Kalaupun ada bantuan langsung tunai, itu hanya untuk disabilitas dan untuk warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan mereka akibat naiknya BBM,” pungkas Ryan.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.