Wali Kota Gorontalo Marten Taha Serahkan Langsung Bantuan Bencana Alam ke Pemkot Manado

0
21
Wali Kota Marten Taha serahkan Bantuan secara simbolis langsung kepada Wali Kota Manado Andre Angow di halaman depan Kantor Wali Kota Manado. (6/02/2023). (Foto : Humas Istimewa)

TNews, KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyerahkan langsung bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo untuk korban terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Manado, Sulawesi Utara, Senin (6/2/2023).

Penyerahan bantuan dilakukan simbolis oleh Wali Kota Gorontalo Marten Taha kepada Wali Kota Manado Andre Angow di halaman depan Kantor Wali Kota Manado.

Marten Taha menjelaskan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian sesama anak bangsa. Katanya, duka yang dirasakan masyarakat Manado merupakan duka masyarakat Kota Gorontalo.

Oleh karena itu, Marten mengatakan, dirinya sebagai perpanjangan tangan masyarakat Kota Gorontalo memberikan bantuan tersebut.

“Meski tidak seberapa, bantuan tersebut merupakan bentuk kebersamaan kita serta rasa gotong royong,” kata Marten usai memberikan bantuan tersebut.

Marten menambahkan, semua musibah atau urusan jika dikerjakan dan ditangani secara bersama-sama, kolaborasi, serta bersinergi, pasti bisa diatasi.

Diketahui, sejak 27 Januari 2023 lalu, Kota Manado dilanda banjir bandang dan tanah longsor akibat curah hujan yang lebat. Tercatat, 34 kelurahan atau desa yang berada di 9 kecamatan terdampak banjir. Sedangkan tanah longsor berdampak di 22 kelurahan atau desa di 7 kecamatan.

Korban jiwa akibat banjir dan longsor berjumlah 5 warga, dengan rincian meninggal dunia akibat banjir 1 warga dan longsor 4 orang.

Selain korban meninggal, tanah longsor mengakibatkan warga luka berat 1 warga dan luka ringan. Mereka yang luka telah mendapatkan perawatan dari dinas kesehatan setempat.

Total warga mengungsi berjumlah 1.674 warga dan mereka tersebar di beberapa kecamatan. Sebanyak 420 unit rumah warga kota mengalami rusak berat akibat banjir, sedangkan 103 lainnya rusak sedang dan 448 rusak ringan.

Kerusakan juga terjadi pada fasilitas umum, masing-masing satu unit, antara lain pasar, pemakaman warga, gereja, masjid, kantor kelurahan, dan tempat pacuan kuda.

Sementara itu, tanah longsor mengakibatkan rumah rusak berat 33 unit, rusak sedang 59 dan 47 rusak ringan. Pada fasilitas umum, 1 unit masjid terdampak dan ruas jalan Adiura-Pandu terputus.

“Kami dan warga Kota Gorontalo sangat prihatin atas musibah yang menimpa warga Manado,” tegas Wali Kota Gorontalo.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.