Sub Denpom lV /1-3 Tegal Laksanakan Pemeriksaan Administrasi dan Kelayakan Fisik Kendaraan

0
123

TNews, ADIWERNA TEGAL – Prajurit Yonif 407/Padmakusuma menggelar seluruh kendaran dinas dan kendaraan pribadinya, baik roda dua maupun roda empat di Mako Yonif 407/PK, Senin 13 Februari 2023.

Kegiatan tersebut dalam rangka untuk pemeriksaan administrasi dan kelayakan fisik kendaraan yang dilaksanakan oleh Sub Denpom IV/1-3 Tegal.

Pemeriksaan administrasi kelengkapan pribadi maupun kendaraan dinas yang dilaksanakan oleh Subdenpom IV/1-3 Tegal merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Operasi Penegakan dan Penertiban Polisi Militer TA 2023 di lingkungan TNI-AD.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Subdenpom IV/1-3 Tegal Kapten Cpm Ujang R. Pemeriksaan Operasi Gaktib tersebut diawali dengan apel pengecekan personil.

Dalam apel pengecekan, Pasi Intel Yonif 407/PK Lettu Inf Adang Furqon menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menekan, mencegah dan tindakan preventif terjadinya pelanggaran serta perbuatan melanggar hukum bagi Prajurit Yonif 407/Padmakusuma.

“Yang perlu dipahami oleh seluruh anggota Yonif 407/PK adalah bahwa pemeriksaan ini bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan anggota, akan tetapi untuk mengingatkan akan pentingnya kelengkapan administrasi kendaraan, sehingga dapat mencegah terjadinya suatu pelanggaran,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Dansubdenpom IV/1-3 Tegal Kapten Cpm Ujang R menyampaikan bahwa kegiatan Ops Gaktib dalam satuan Yonif 407/PK ini merupakan tindakan preventif (pencegahan), tujuannya tidak lain adalah untuk mengecek kelengkapan surat-surat perorangan dan kendaraan dinas dan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Lebih lanjut disampaikan untuk sasaran program ini adalah patroli berkendara, patroli kombinasi, razia dan gaktib lalin pemeriksaan surat-surat kendaraan yang ada dijalanan. Sasaran materiilnya berupa kendaraan,baik Prajurit TNI maupun PNS.

“Dalam penyelenggaraan kegiatan Ops Gaktib dilaksanakan dua tahapan, masing-masing sosialisasi sebagai upaya preventif an penindakan atas pelanggaran yang ditemukan di lapangan pada saat kegiatan Ops Gaktib di lapangan,” pungkasnya.

Selanjutnya, untuk kegiatan pemeriksaan dibantu oleh anggota Staf Intel beserta anggota Provost Yonif 407/PK. Adapun sasaran pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan administrasi pribadi dan surat-surat kendaraan baik SIM, STNK maupun BPKB.

Selain pemeriksaan administrasi, pemeriksaan ini juga meliputi fisik kendaraan antara lain pemakaian helm berstandar SNI, perlengkapan standar kendaraan seperti lampu sein, spion, lampu rem dan knalpot.

Reporter : Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.