5 Kebiasaan Minum Tak Sehat yang Sebabkan Kolesterol Tinggi

0
97
ilustrasi

TNews, KULINER – Meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh bisa dipengaruhi karena kebiasaan minum yang buruk. Seperti minuman yang tinggi gula dan lemak jenuh.

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol. Kolesterol ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan ke dalam plasma darah. Kolesterol dibutuhkan untuk banyak hal.

Mulai dari membentuk sel sehat, memproduksi hormon hingga menghasilkan vitamin D. Namun, jika kadar kolesterol melonjak, bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu faktor yang menyebabkan tinggi kolesterol adalah kebiasaan minum yang tidak sehat. Minuman yang kaya akan gula dan lemak jenuh bisa jadi penyebabnya.

Berikut 5 kebiasaan minum tak sehat yang menyebabkan kolesterol naik:

  1. Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Mengonsumsi gula terlalu banyak bisa meningkatkan kolesterol jahat, karenanya kebiasaan minum soda harus dihindari.

Kolesterol itu naik melalui darah ke hati. Fakta itu telah dibuktikan lewat sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association pada 2020.

Ahli gizi yang terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best menemukan bahwa orang dengan kolesterol paling tinggi sering minum minuman bersoda.

  1. Minum Teh Manis

Sama seperti minuman bersoda, teh manis juga tentu mengandung gula berlebih yang bisa meningkatkan kolesterol jahat. Apalagi jika menggunakan gula tambahan.

Minuman yang dimaniskan dengan gula memiliki efek negatif pada kesehatan. Misalnya dapat meningkatkan berat badan secara signifikan hingga obesitas, seperti yang dikutip dari Eat This Not That (15/01/22).

  1. Menambahkan Krimer

Biasanya orang menambahkan krimer pada kopi agar rasanya lebih nikmat. Namun, menambahkan krimer sama saja menambahkan gula dan lemak ke dalam minuman kamu.

Krimer berbahan dasar susu, sehingga memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang tinggi. Nah, jenis lemak itulah yang berperan meningkatkan kolesterol.

Ahli gizi menyarankan untuk menggunakan krimer yang kandungan gula dan lemaknya sedikit. Atau menghilangkan kebiasaan menambahkan krimer pada kopi adalah ide yang bagus.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman sedikit alkohol mungkin bisa bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan jantung. Namun, jika terlalu berlebihan justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol menemukan bahwa mengonsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menurut penelitian itu, minuman alkohol mengandung 7 kalori per gramnya. Belum lagi orang sering menambahkan pemanis yang bisa meningkatkan kandungan kalorinya.

  1. Mengonsumsi Milkshake

Milkshake adalah minuman yang mungkin memberikan efek segar. Namun, dibalik kesegarannya milkshake bisa menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh meningkat.

Seperti yang dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan jurnal Laboratory Investigation. Menurut peneliti, milkshake kaya akan lemak tak sehat yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.