7 Bahan Ini Bikin Kopi Jadi Manis dan Makin Nikmat

0
74
ilustrasi

TNews, KULINER – Kopi hitam tanpa tambahan gula terbukti lebih sehat, namun jika belum terbiasa minum kopi pahit kamu bisa menambahkan bahan selain gula. Kopi pun jadi semakin nikmat!

Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek positif bagi kesehatan, mulai dari menyehatkan jantung, membuat lebih fokus hingga mencegah kanker. Namun untuk mendapatkan manfaat ini kamu disarankan untuk minum kopi pahit tanpa tambahan gula.

Gula pada kopi justru membuat kopi kehilangan manfaatnya. Gula berlebihan juga berpotensi menyebabkan obesitas dan diabetes.

Tapi kalau mau tetap menikmati kopi yang enak nikmat tanpa gula, kamu bisa menambahkan beberapa bahan seperti stevia, santan hingga bubuk cokelat. Semua bahan ini aman dicampur dalam kopi, membuat rasanya enak namun tidak merusak manfaatnya.

Dilansir dari Reader Digest (15/4) seorang ahli gizi Stefanie Senior mengatakan kalau gula yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gula yang ditambah dalam kopi. “Pada akhirnya, gula tidak memiliki manfaat kesehatan apa pun,” kata ahli diet Stefanie Senior. “Ketika kamu mengonsumsi gula secara terus-menerus, itu bisa menjadi risiko kesehatan.”

Berikut beberapa bahan tambahan selain gula yang bisa kamu tambahkan dalam kopi:

  1. Stevia

Stevia adalah pemanis nol kalori, nol karbohidrat yang diekstrak dari daun tanaman stevia. Beberapa orang menganggap stevia punya rasa pahit, padahal sebenarnya daun ini memiliki 100 hingga 300 kali lebih manis daripada gula.

Menurut sebuah studi tahun 2016 dari National Center for Biotechnology Information, stevia juga dapat membantu mengatur gula darah bagi penderita diabetes. Stevia juga tidak merusak gigi seperti halnya gula. Kini stevia banyak dijual di pasaran, kamu tinggal menambahkan bubuk stevia pada kopi hangat.

  1. Madu

Madu bukan hanya bisa ditambahkan pada teh tapi juga kopi. Kamu hanya perlu menambahkan sedikit madu pada secangkir kopi untuk membuat rasanya manis. Madu juga membuat kopi lebih sehat karena kandungan nutrisinya.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 4.500 peserta yang dilakukan pada tahun 2020 oleh National Center for Biotechnology Information mengemukakan ada kaitan konsumsi madu dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi. Namun, ahli gizi mengatakan peminum kopi harus tetap berhati-hati dengan jumlah madu yang digunakan.

  1. Sirup maple

Sirup maple bukan hanya bisa jadi tambahan pada pancake. Tapi juga enak dijadikan campuran kopi hangat. Sirup maple adalah alternatif gula yang sehat.

Sirup maple mengandung antioksidan yang membantu menjaga sistem pencernaan dan mencegah penyakit radang usus. “Orang dengan masalah lambung bahkan lebih mentolerir sirup maple daripada madu,” kata DeSantis. Karena sirup maple adalah serat larut, ini dapat membantu melunakkan feses.

  1. Bubuk kakao

Bubuk kakao mengandung serat, zat besi dan kalsium. Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 dari National Center of Biotechnology, bubuk kakao alami juga tinggi fenolik yang membantu mencegah peradangan, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat bahagia serta meredakan stres.

“Cocoa kaya akan antioksidan, dan tidak mengandung gula,” tambah Senior. Cokelat bubuk membuat kopi lebih nikmat dan creamy. Cukup tambahkan satu sendok cokelat bubuk pada kopi maka kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi moka.

  1. Santan

Santan bukan hanya bisa ditambahkan sebagai bumbu masakan tapi juga membuat minuman kamu lebih enak. Tambahkan sedikit santan pada kopi dan rasakan sensasi nikmatnya yang legit dan sedikit gurih.

Santan mengandung gula alami yang membuat kopi jadi sedikit manis namun tidak mengandung kalori berlebih. Santan juga mengandung asam lemak yang bermanfaat: Sebuah studi tahun 2013 menemukan bukti bahwa santan merupakan sumber lemak jenuh yang sehat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik

  1. Kayu Manis

Kopi rempah punya banyak penggemar. Aroma dan rasanya yang harum khas menjadikan kopi rempah cepat populer. Kamu bisa menambahkan sepotong kayu manis atau kayu manis bubuk untuk membuat kopi yang manis dan harum meskipun tanpa tambahan gula.

Studi tahun 2019 dari National Center for Biotechnological Information menunjukkan bahwa kayu manis memiliki efek anti-diabetes karena dapat menghambat enzim gastro-intestinal dan membantu memodulasi respons dan sensitivitas insulin. Kopi kayu manis paling pas dinikmati dalam keadaan hangat.

  1. Gula kurma

Gula kurma terbuat dari kurma kering yang digranulasi sehingga teksturnya keras. Kopi dengan tambahan gula kurma juga pas dijadikan pilihan. Gula ini memberi efek rasa karamel.

Meskipun kurma mengandung gula alami namun produk ini bebas kolesterol dengan indeks glikemik rendah. Gula kurma juga merupakan sumber serat yang bagus, yang membantu kamu tetap kenyang dan membantu mengurangi lonjakan gula darah.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.