7 Jenis Minuman Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

0
106

TNews, KULINER – Sensitif terhadap gula membuat penderita diabetes memiliki aturan makan yang ketat. Tetapi tujuh minuman enak ini ternyata masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Diabetes atau dikenal penyakit gula merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu mencerna gula secara efektif. Jika secara normal gula darah harusnya dipecah oleh insulin yang dihasilkan dari pankreas, pada pankreas penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan.

Hal tersebut yang membuat penderita diabetes sangat sensitif terhadap makanan dan minuman yang mengandung gula. Maka penderita diabetes harus sangat mewaspadai kandungan gula dalam makanan dan minuman yang tersembunyi.

Terlebih ketika masih menggemari minuman-minuman kemasan maupun minuman lain yang menyegarkan. Tetapi ahli gizi dan kesehatan memperbolehkan beberapa minuman tertentu yang dikatakan masih aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut ini 7 minuman enak yang diperbolehkan bagi penderita diabetes menurut Healthline:

Mengandung banyak komponen aktif, teh diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Syarat utamanya adalah dengan tidak menambahkan pemanis atau gula apapun ke dalamnya. Foto: shutterstock

  1. Teh

Memiliki komponen aktif yang banyak di dalamnya, teh justru dikenal oleh ahli kesehatan sebagai minuman sehat yang boleh dikonsumsi secara rutin. Menurut sebuah penelitian besar di tahun 2021 lalu lebih dari setengah juta partisipan yang terlibat mengalami penurunan risiko terhadap diabetes tipe 2.

Untuk mereka yang sudah memiliki keluhan diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi teh dengan tambahan pemanis maupun gula lainnya. Baik itu teh hijau, teh hitam hingga teh oolong. Solusi untuk menambahkan rasa bisa dengan irisan buah lemon. Tetapi ahli merasa masih butuh penelitian lebih lanjut termasuk untuk melihat efek jangka panjangnya.

  1. Kopi Tanpa Pemanis

Konsumsi kopi diketahui mampu membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Konsumsi kopi secara rutin mampu meningkatkan metabolisme gula dan telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan tahun 2019 silam.

Sama halnya dengan teh. Manfaat tersebut berlaku hanya jika mengonsumsinya tanpa pemanis atau gula tambahan lainnya yang dicampurkan. Susu gula, krim dan berbagai bahan tambahan lain sangat tidak disarankan untuk ditambahkan ke dalam secangkir kopi bagi penderita diabetes.

  1. Jus Sayuran

Sebagian besar jus buah yang dikatakan mengandung 100% buah nyatanya juga mengandung 100% gula di dalamnya. Sebagai alternatifnya penderita diabetes bisa menggantikan jusnya dengan tomat maupun sayur-sayuran. Penderita diabetes juga tidak disarankan untuk membeli jus kemasan yang dijual di rak-rak supermarket.

Menggunakan sayuran-sayuran segar dan langsung meraciknya sendiri di rumah menjadi cara minum jus buah yang disarankan oleh ahli. Tentunya cara ini bermanfaat untuk memastikan tidak ada nutrisi yang terbuang atau bahan tambahan yang dimasukkan tanpa sepengetahuanmu.

  1. Susu Rendah Lemak

Susu mengandung vitamin dan mineral penting, tetapi tanpa disadari susu mengandung karbohidrat yang kadarnya juga tinggi. Memilih susu rendah lemak menjadi cara yang dinilai tepat untuk menekan kadar lemak dan karbohidrat agar tidak menjadi asupan glukosa atau gula tambahan yang masuk ke dalam tubuh tanpa disadari.

Pilihlah susu rendah lemak tanpa perasa, pemanis maupun gula tambahan. Boleh dikonsumsi setiap hari tetapi dengan syarat tak boleh lebih dari 3 gelas sehari.

 Lemonade Tanpa Gula

Asam dan segar, pilihan minuman yang satu ni cocok untuk melegakan dahaga penderita diabetes. Untuk mengatasi rasa asamnya ahli kesehatan menyarankan untuk menambahkan stevia dibandingkan gula pasir atau pemanis biasa.

Jika membutuhkan minuman segar, racikan lemonade atau perasan air lemon bisa menjadi solusi yang tepat. Hanya butuh sparkling water dan sebuah lemon saja kamu sudah bisa membuat lemonade di rumah yang tak kalah segar dengan yang ditawarkan di kedai-kedai minuman kekinian.

Tetapi perlu diingat bahwa tetap tidak boleh menambahkan gula atau pemanis tambahan jika tak ingin memicu lonjakan gula darah. Solusinya kamu bisa menambahkan gula alami seperti stevia agar rasa lemonadenya tidak terlalu asam.

  1. Smoothie Hijau

Smoothie yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran hijau dinilai menjadi cara terbaik untuk menikmati makanan sehat dengan cara yang menyenangkan. Kandungan serat, nutrisi hingga air yang ada di dalam smoothie mampu membantu untuk menjaga hidrasi tubuh dalam waktu bersamaan.

Beberapa sayuran yang disarankan digunakan dalam campuran smoothie adalah bayam, seledri atau buah-buahan lain seperti alpukat dan lainnya yang disukai. Tetapi wajib diingat untuk memperbanyak komponen sayur dibandingkan buah agar tidak terjadi penumpukan karbohidrat tersembunyi yang berasal dari buah.

  1. Kombucha

Kombucha merupakan teh khas Jepang yang melalui proses fermentasi dan biasanya terbuat dari racikan teh hitam atau teh hijau. Teh sendiri saja sudah memiliki manfaat sejat yang banyak memberikan khasiatnya untuk tubuh dan setelah melalui proses fermentasi ada enzim-enzim dan bakteri baik yang akan membuat kombucha lebih berkhasiat lagi.

Bakteri yang muncul dari proses fermentasi kombucha ini sendiri juga terbukti ampuh dan bermanfaat positif bagi pengendalian bakteri pada usus dan berdampak kemampuan untuk mengendalikan gula darah yang meningkat. Nutrisi dari kombucha sendiri sebenarnya bergantung pada merek dan jenis teh yang digunakan.

 

Sumber : detik.com

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.