7 Kuliner Tawangmangu Jawa Tengah, Enak dan Banyak Diburu

0
26
ilustrasi 7 kuliner tawangmangu ( foto: liputan6 )

TNews, KULINER – Tawangmangu, Jawa Tengah, memiliki banyak destinasi wisata dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, wisata kuliner di Tawangmangu yang enak dan menjadi favorit wisatawan baik wisatawan local maupun mancanegara. Kuliner yang ada berbagai macam jenisnya, yang pasti khas dan perlu dicoba untuk merasakan sensasi kelezatannya.

Bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke Tawangmangu, selain wisata alam atau wisata budaya, jangan lupa wisata kuliner, mencicipi aneka macam makanan khas Tawangmangu yang enak.

Sebagai rekomendasi kuliner di Tawangmangu, Jawa Tengah, perlu dicoba dan dinikmati kuliner berikut.

1. Sate Kelinci

Yang terkenal dan menjadi incaran wisatawan adalah Sate Kelinci Pak Temon, yang beralamat di Jalan Lawu No.16, Nano, Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Buka setiap hari dari pukul 08.30 sampai pukul 21.00 WIB. Untuk satu porsi sate kelinci (10 tusuk) cukup membayar Rp 20 ribu.

2. Sop Iga dan Pecel Bu Ugi

Beralamat di Jalan Raya Tawangmangu, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Buka setiap hari (Senin sampai Minggu), dari pukul 05.00 sampai 19.00 WIB.
Yang patut dicoba tentu saja pecel sayur dengan telur goreng mata sapi dan sop iga/buntutnya yang terkenal. Per porsi sop iga diharga sebesar Rp 40 ribu. Sop Iga Bu Ugi merupakan kuliner legendaris di Tawangmangu.

3. Sate Landak

Yang terkenal dan favorit wisatawan yang suka dengan makanan unik adalah RM Sate Landak Gunung Mas. Di rumah makan tersebut bisa mencoba aneka sate landak, tongseng landak, sate kelinci, dan sate ayam.

4. Sego Gablok

Semacam nasi uduk yang dimasak dengan cara dikukus, kemudian dibungkus daun pisang. Isinya, daging ayam, telur, dan santan yang sudah dibumbui (gadon). Sego gablok yang terkenal adalah sego gablok depan Pasar Tawangmangu. Per bungkus dijual seharga Rp 6 ribu.

5. Lentho

Gorengan khas Tawangmangu yang enak dan khas rasanya. Menggunakan bahan dasar berupa parutan singkong, kelapa parut, kacang tholo, dengan bumbu rempah.

6. Gandos

Makanan ringan/camilan khas Tawangmangu yang terbuat dari tepung ketan, ditambah kelapa parut. Gandos yang enak bisa ditemui di Pasar Tawangmangu

7. Teh Ndoro Donker
Tawangmangu terkenal dengan perkebunan tehnya. Jika sudah berada di Tawangmangu, saying untuk dilewatkan minum teh Ndoro Dongker sebagai salah satu kuliner di Tawangmangu, Jawa Tengah, yang enak. Beralamat di Jalan Karangpandan – Ngargoyoso, Kemuning, Puntukerjo, buka setiap hari dari pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Sumber: kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.