7 Makanan Ini Bisa Cegah Dehidrasi Saat Puasa

0
14
ilustrasi

TNews, KULINER – Saat puasa, tubuh bisa jadi kekurangan cairan karena tidak diberi pasokan minum dan makan. Namun ada beberapa jenis makanan cegah dehidrasi selama puasa.

Dokter spesialis urologi di Rumah Sakit Al Zahra Dubai, Thamir Alkasab mengatakan kepada The National News, tetap terhidrasi selama Ramadhan memang bukan hal yang mudah, terutama saat suhu lingkungan melonjak tinggi.

Meski begitu, tidak perlu khawatir karena ada jenis makanan yang bisa mencegah dehidrasi selama berpuasa dan bisa dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Berikut beberapa makanan cegah dehidrasi saat puasa, dan tentunya bisa dimakan saat berbuka atau saat sahur.

  1. Mentimun

Timun adalah buah yang mengandung 95 persen air, vitamin dan mineral. Dilansir dari Times Of India, zat yang terkandung dalam timun ini penting karena bisa membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari saat puasa.

  1. Semangka

Ada sekitar 92 persen air yang terkandung dalam semangka. Buah ini juga sangat rendah kalori. Tentunya tidak hanya membuat Anda terhidrasi tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Ini menjadi salah satu jenis makanan cegah dehidrasi saat puasa.

  1. Air kelapa

Mengandung 94 persen air, kelapa tidak hanya membuat Anda terhidrasi, tetapi juga membantu mencegah batu ginjal.

  1. Stroberi

Dilansir dari Everyday Health, stroberi menjadi salah satu buah yang sangat menghidrasi dan mengandung 91 persen air.

  1. Tomat

Tomat mengandung sekitar 94 persen air. Tomat juga termasuk makanan serbaguna dan lezat untuk dijadikan aneka hidangan olahan atau pun dimakan sebagai camilan. Tomat bisa membuat tubuh tetap terhidrasi.

  1. Selada

Semua jenis selada memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi selada iceberg adalah jenis yang paling menghidrasi dengan 95 persen air yang terkandung di dalamnya.

  1. Blewah

Blewah menjadi salah satu makanan cegah dehidrasi saat puasa.

Blewah mengandung sekitar 90-99 persen air. Selain itu, kulit dan bijinya juga kaya akanpolifenol,flavonoid, tanin dankarotenoid yang memberikan banyak manfaat kesehatan, serta mengurangi risiko dehidrasi.

Blewah juga mengandung mineral elektrolit seperti kalsium dan potasium yang dapat membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh dan baik dimanfaatkan sebagai makanan cegah dehidrasi saat puasa.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.