9 Makanan Khas Indonesia dengan Rempah-Rempah yang Unik

0
16
Ilustrasi Rendang

TNews, KULINER – Indonesia merupakan negara dengan banyaknya warisan budaya termasuk makanan khasnya. Beberapa makanan Indonesia tergantung dari asal daerahnya.

Banyak masyarakat Indonesia bagian barat menyukai masakan pedas dan manis, sedangkan masyarakat timur cenderung asin. Keunikan-keunikan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal. Berikut masakan khas Indonesia beserta daerah asalnya.

  1. Mie Aceh

Mie yang berasal dari Aceh ini merupakan mie khas dengan warna merah terangnya. Mie ini berbentuk tebal dan padat yang biasa disajikan dengan emping, mentimun, dan sup kari sesuai selera. Selain itu, mie ini juga dicampur dengan seafood seperti udang, cumi, kepiting, atau dapat juga disajikan dengan daging sapi, ayam, dan kambing.

  1. Ayam Pinadar

Ayam Pinadar sering disebut dengan manuk na pinadar. Makanan ini merupakan ayam bakar khas Batak dengan rasa yang super pedas karena memakai andaliman. Ayam pinadar disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal yang khas.

  1. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang khususnya berasal dari Sumatera Barat. Makanan ini disajikan dengan banyak bumbu rempah dan terbuat dari daging sapi. Rendang merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Proses pembuatan rendang dapat memakan waktu sangat lama agar bumbunya dapat benar-benar meresap. Meskipun proses pembuatan rendang yang memakan waktu sangat lama, rasa rendang sangat nikmat. Rendang juga tahan berhari-hari.

  1. Gulai Belacan

Gulai Belacan adalah salah satu masakan dari Riau. Gulai ini memiliki rasa yang pedas manis dan asin. Gulai Balacan pada umumnya memakai ikan atau udang. Bumbu gulai ini terbuat dari terasi.

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Indonesia yang sudah dikenali masyarakat Indonesia. Gudeg terbuat dari nangka muda dan santan. Pada umumnya disajikan secara istimewa dengan daun pisang. Gudeg dapat dimakan dengan nasi, ayam, telur dan tahu dengan sambal korek. Gudeg berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg banyak diperdagangkan pada masa Presiden Soekarno yakni tahun 1940 an.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali. Makanan ini biasanya disajikan dalam piring besar berupa ayam utuh yang dipanggang dalam api sekam. Ayam ini disajikan dengan nasi putih hangat.

  1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bumbu yang digunakan yakni cabe merah kering, bawang putih, tomat, terasi, kencur, gula jawa, garam, bawang merah. Ayam ini istimewa karena bisa dipanggang maupun digoreng. Ayam ini biasa disajikan dengan tambahan sayur kangkung dan sambal.

  1. Sup Konro

Sup Konro merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Bugis dan Makassar. Sup ini terbuat dari bahan sapi yakni apda bagian iga maupun daging. Sup ini biasanya berwarna cokelat gelap dan dimakan dengan ketupat atau lontong. Warna gelap dari kuah sup ini berasal dari buah kluwak.

  1. Kepiting Soka

Kepiting Soka adalah menu yang biasa disajikan di Tarakan, Kalimantan Utara. Kepiting ini memiliki cangkang lunak dan besar sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga kerap dijadikan kerupuk.

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.