Bagian AC yang Umumnya Perlu Perawatan Berkala

0
3

Bagian AC yang Umumnya Perlu Perawatan Berkala

Jakarta, 11 September 2023 – Air conditioning (AC) adalah perangkat untuk menyejukkan ruangan rumah dan kantor. AC adalah hal yang penting untuk kenyamanan. Oleh karena itu, alat elektronik ini perlu perawatan berkala. Service AC adalah langkah penting untuk menjaga AC berfungsi dengan baik dan menjaga kerusakan serius. Supaya tetap terawat, berikut ini beberapa bagian AC yang perlu dilakukan service berkala.

1. Filter Udara

Filter udara adalah bagian yang sangat penting dari AC Anda. Filter ini bertugas untuk menyaring debu, serbuk sari, dan kotoran lainnya dari udara yang masuk ke dalam unit AC. Seiring waktu, filter udara bisa menjadi kotor dan tersumbat, mengurangi aliran udara dan efisiensi pendinginan AC. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur.

2. Kondensor

Kondensor adalah bagian AC yang terletak di luar ruangan. Ini berperan penting dalam proses pendinginan. Pastikan area di sekitar kondensor bersih dari rerumputan dan kotoran untuk memastikan kinerjanya optimal.

3. Evaporator

Evaporator adalah bagian dalam AC yang bertugas mendinginkan udara dalam ruangan. Evaporator bekerja dengan menguapkan refrigeran yang mengambil panas dari udara dalam ruangan. Pastikan evaporator tetap bersih dan bebas dari kotoran agar dapat berfungsi sebaik mungkin.

4. Kompresor

Kompresor adalah “jantung” dari sistem AC. Bagian AC yang satu ini bertanggung jawab untuk memampatkan gas refrigeran dan mendorongnya ke kondensor. Kompresor yang rusak dapat mengakibatkan AC tidak berfungsi sama sekali. Oleh karena itu, perawatan yang baik diperlukan untuk menjaga kompresor tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga: Atasi Polusi Udara dengan Hunian yang Bersih

5. Kabel dan Koneksi

Kabel dan koneksi yang longgar atau rusak dapat menyebabkan masalah dalam AC Anda. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada korosi pada konektor. Kabel dan koneksi akan membantu mencegah gangguan dalam aliran listrik ke AC.

6. Thermostat

Thermostat mengontrol suhu dalam ruangan. Pastikan thermostat berfungsi dengan benar dan suhu yang ditetapkan sesuai dengan yang Anda inginkan.

7. Baling-Baling atau Fan Blade

Baling-baling atau fan blade yang kotor atau bengkok dapat memengaruhi aliran udara dalam ruangan. Bersihkan dan periksa baling-baling secara berkala untuk memastikan AC berfungsi dengan baik.

8. Refrigeran

Refrigeran adalah zat yang digunakan dalam proses pendinginan AC. Pastikan tingkat refrigeran tetap sesuai dengan yang ditentukan oleh produsen. Kekurangan refrigeran dapat mengurangi efisiensi AC.

Mengingat berbagai bagian AC yang memerlukan perawatan, menjaga semua komponen dalam kondisi baik adalah kunci untuk menjaga kenyamanan di rumah atau kantor Anda. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur AC Anda dan menghemat biaya perbaikan yang mahal. Salah satu penyedia jasa service AC terpercaya di JABODETABEK adalah Suwun. 

Suwun mempunyai lebih dari 3.000+ mitra jasa yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan. Manfaat pesan jasa di Suwun.co.id selanjutnya adalah perusahaan dapat membandingkan budget dan keahlian mitra jasa yang tersedia. Ada pula penawaran untuk pembayaran per-term sesuai dengan kesepakatan bersama.

Pelanggan dapat akses layanan Suwun melalui Aplikasi, Website, Shopee, dan menghubungi admin melalui WhatsApp.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai Mitra Suwun, klik link berikut https://suwun.co.id/daftarmitra. Anda juga bisa follow dan pantau terus sosial media Suwun untuk informasi lebih lanjut terkait perkembangan Mitra Suwun.

Instagram: https://www.instagram.com/suwun_mitra/ & https://www.instagram.com/suwun.aja/
Facebook Page: https://www.facebook.com/SuwunID
Facebook Account: https://www.facebook.com/suwun.app.5
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/suwun/
TikTok: https://www.tiktok.com/@suwun.aja
WhatsApp: https://wa.me/suwun

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.