Bakmi Godog hingga Mie Lethek, 5 Sajian Mie Ndeso Paling Favorit di Jawa Tengah

0
71
(foto google)

TNews, KULINER – Kota-kota di pulau Jawa punya banyak racikan mie. Seperti bakmi godog, mie lethek, hingga mie ongklok yang terkenal lezat dan jadi favorit di Jawa Tengah.

Meskipun diklaim dari China, nyatanya mie sangat digemari di pulai Jawa. Bahkan mie diracik dengan bumbu dan bahan lokal dan citarasa tradisional yang kental.

Seperti di Jawa Tengah dan sekitarnya, kamu akan sangat mudah menemukan hidangan mie yang enak. Ada bakmi godog, mie ongklok, hingga mie lethek yang rasanya khas.

Ragam racikannya juga unik. Ada yang digoreng hingga disajikan dengan kuah gurih kental. Bahan pelengkapnya tak hanya menggunakan daging, tapi ada juga yang menggunakan tahu.

Berikut 5 mie ndeso enak yang populer di Jawa Tengah.

  1. Bakmi Godog

Kulineran di Jawa Tengah atau Yogyakarta tak ada habisnya, ada hidangan mie yang terkenal di sana. Adalah bakmi godog atau mie godok. Hidangan ini sebenarnya hanyalah mie rebus, namun dicampurkan beragam bahan pelengkap dan kuahnya kental.

Mie yang digunakan adalah mie basah atau mie telur. Agar racikannya makin nikmat ditambahkan ayam kampung suwir dan telur bebek yang diaduk merata bersama bumbunya. Aneka sayuran juga ditambahkan ke dalam bakmi godog, seperti sawi hijau, irisan kol, daun bawang, seledri, hingga tomat.

Bakmi godog ini rasanya gurih dan berkuah keruh yang rasanya gurih. Paling nikmat kalau disantap selagi hangat. Untuk menikmatinya, di Yogyakarta ada Bakmi Mbah Gito yang sudah terkenal dan legendaris.

  1. Mie Ongklok

Hidangan mie ndeso yang nikmat juga bisa ditemui di kawasan Dieng, tepatnya di Wonosobo, Jawa Tengah. Nama hidangan mie ini dikenal dengan nama mie ongklok. Untuk sajian ini, mie yang digunakan adalah mie basah dan diolah dengan kuah.

Kuah mie ongklok sangatlah unik, karena bertekstur kental yang terbuat dari campuran tepung kanji (sagu). Kuah kental ini disebut sebagai loh. Mie ongklok juga disajikan dengan kol, daun kucai, dan taoge.

Satu porsi mie ongklok yang kuahnya kental ini juga biasa dinikmati bersama sate sapi, tempe kemul, ataupun geblek. Mie ongklok salah satu kuliner populer incaran para wisatawan di Wonosobo. Ada beberapa tempat makan mie ongklok populer, salah satunya di Mie Onglok Longkrak.

  1. Mie Kopyok

Kalau sedang kulineran di Semarang, wajib mencicipi hidangan mie populer di sana. Namanya mie kopyok. Tidak seperti kebanyakan hidangan mie yang direbus bersama bumbu, mie kopyok disajikan dengan siraman kuah manis gurih.

Hidangan ini menggunakan mie kuning basah. Sebagai pelengkapnya, mie kopyok disajikan dengan tahu pong, taoge, seledri, lontong, dan kerupuk gendar yang renyah. Ada juga mie kopyok yang ditambahkan irisan tetelan daging sapi.

Untuk menikmatinya, kamu bisa mengunjungi Mie Kopyok Pak Dhuwur yang sangat terkenal di Semarang. Lokasinya ada di Jalan Tanjung No. 18 A, Semarang Tengah. Dijamin puas makan di sini karena sudah terbukti kelezatannya.

  1. Mie Lethek

Tak hanya bakmi godog, Yogyakarta juga memiliki hidangan mie populer lain yaitu Mie Lethek. Hidangan mie ini berasal dari Srandakan, Bantul. Mie yang digunakan juga unik karena terbuat dari tepung tapioka (singkong).

Mie yang digunakan untuk hidangan ini mirip seperti bihun, namun warnanya kecokelatan. Oleh karenanya sajian ini dinamakan mie lethek karena warnanya yang keruh. Lethek sendiri merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti kotor atau kusam.

Walaupun arti namanya tak baik, namun rasanya boleh diadu. Hidangan mie ini ada yang disajikan kering dan berkuah. Bahan pelengkapnya berupa telur dan aneka irisan sayuran. Untuk bumbunya mirip dengan bakmi Jawa.

  1. Bakmi Toprak

Kota Solo tak hanya terkenal dengan sajian selat solo dan serabinya saja, tapi juga ada hidangan mie yang lezat. Namanya Bakmi Toprak, walaupun namanya mirip ketoprak, namun pennyajiannnya berbeda.

Bakmi toprak khas Solo ini menggunakan mie kuning basah. Disajikan dengan kuah bening yang segar. Pelengkapnya berupa potongan daging sapi, tahu, tomat, dan kacang goreng.

Sekilas bakmi toprak ini mirip dengan soto mie khas Bogor. Selain mie basah, ternyata bakmi toprak juga menggunakan campuran bihun. Paling pas dinikmati selagi hangat.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.