Bakso Tumpeng dan Kawah Merapi dengan Siraman Sambal

0
690

TNews, KULINER – Bakso tumpeng dan kawah merapi ini adalah varian bakso unik di Boyolali. Bentuknya menyita perhatian dengan siraman sambal rawit super pedas.

Kuliner bakso bisa ditemui di hampir tiap daerah Indonesia, termasuk di Boyolali. Sebuah warung bakso menawarkan menu bakso yang beda dengan yang lainnya. Warung ini bernama Sera (Selera Rasa) yang merupakan cabang Kedung Lengkong.

Menu andalannya ada dua yaitu bakso tumpeng merapi dan bakso kawah merapi. Pengelola warung bakso, Sugiyanto mengatakan menu-menu ini terinspirasi dari gunung Merapi.

“Terinspirasi gunung merapi, pasti kan banyak yang menyukai. Best seller ada (bakso) tumpeng merapi, mangkok kawah merapi, kuburan mantan, bakso beranak lava,” tutur Sugiyanto kepada detikcom (2/9).

Untuk bakso tumpeng merapi bentuknya seperti gunung kecil yang mengerucut ke atas. Bakso ini disajikan dengan pisau dan garpu yang bakal menjadi alat makan utama. Saat dibelah, terlihat bakso tumpeng memiliki isian bakso ukuran kecil.

Yang bikin menarik selera tentu saja siraman lava alias sambal rawit yang royal. Penyempurnanya taburan daun seledri di bagian atas.

Kalau ke sini, jangan lupa juga mencicipi bakso kawah merapi. Adonan bakso dibentuk menyerupai mangkok lalu diisi dengan bakso-bakso ukuran kecil dan daging cincang. Terakhir, bakso ini juga disirami sambal rawit.

Salah satu pelanggan warung bakso Sera, Susan mengaku terpuaskan dengan sajian di sini. “Bakso tumpeng merapi bener-bener penuh lava sambal. Pedesnya mantep, bikin saya gembrobyos,” ujarnya.

Selain bakso tumpeng dan kawah merapi, warung bakso ini juga menjual bakso unik lainnya. “Best seller ada bakso kuburan mantan dan bakso beranak lava,” tambah Sugiyanto.

Dalam sehari warung bakso ini bisa mengolah puluhan kilo gram (kg) daging sapi dan cabai rawit. Adapun untuk harga bakso tumpeng dan kawah merapi dipatok Rp 25.000 saja per porsi. Tertarik coba?

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.