Begini Cara Konsumsi Sayuran Agar Bisa Turunkan Berat Badan

0
135

TNews, KULINER – Sayuran bisa menjadi pilihan paling pas untuk diet menurunkan berat badan. Agar tak bosan mengonsumsinya, ada beberapa ide penyajian yang bisa dicontek.

Ada beragam pola diet yang bisa diterapkan demi mendapatkan berat badan ideal. Salah satunya dengan diet sayuran yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang.

Jangan hanya menjadikan sayuran sebagai salad, karena kamu bisa merasakan bosan. Oleh karenanya, kamu harus pintar membuat kreasi sayuran yang tak akan membuatmu malas menyantapnya.

Mengutip Life Hack (24/2), ada beberapa cara menyantap sayuran dengan penyajian berbeda. Di antaranya ada kembang kol yang dapat diubah menjadi nasi hingga keripik sayuran.

Berikut 6 cara penyajian sayur yang enak untuk diet.

  1. Nasi Kembang Kol

Selama ini kembang kol biasa disajikan sebagai campuran tumis sayuran atau sup. Namun ada cara lain untuk menikmatinya agar tidak membosankan.

Olah kembang kol menjadi nasi. Caranya cukup mudah tinggal mencincang halus menggunakan chopper atau dicincang menggunakan pisau.

Butiran kembang kol ini bisa dimasak dengan bumbu nasi goreng dan sedikit minyak. Kamu bisa menambahkan telur sebagai sumber protein.

  1. Mie Zucchini

Zucchini juga bisa dinikmati sebagai sayuran diet. Buah yang mirip dengan mentimun ini bisa dijadikan campuran sup yang nikmat.

Kalau bosan, kamu bisa membuat zukini menjadi mie. Bukan dicampur tepung, melainkan diiris tipis memanjang layaknya mie.

Setelah itu zucchini dipanggang dengan sedikit minyak sekitar 15 menit. Kamu bisa menyajikannya sebagai mie yang sehat dengan campuran sayur dan makanan berprotein tinggi.

  1. Pasta Wortel

Saat sedang diet, dianjurkan untuk mengurangi asupan tepung yang tinggi kalori. Oleh karenanya, kamu bisa menjadikan wortel sebagai alternatif pasta yang lebih sehat.

Wortel bisa kamu kupas dan iris memanjang. Setelah itu direbus dalam air mendidih sampai empuk. Setelah itu sajikan wortel yang menyerupai pasta itu dengan saus favorit, seperti bolognese atau ditumis dengan minyak zaitun.

  1. Lettuce Wraps

Lettuce atau selada bokor biasanya disajikan sebagai salad dengan tambahan saus dressing. Kalau ingin sajian yang berbeda, kamu bisa menyajikannya bersama roti gandum dan telur sebagai sandwich.

Bisa juga kamu sajikan untuk alternatif pembungkus lumpia yang biasanya menggunakan kulit lumpia. Kamu bisa mengkreasikan lettuce roll ini dengan isian wortel, timun, telur dadar, maupun daging dada ayam rebus.

  1. Keripik Sayuran

Tak hanya buah saja yang bisa dijadikan keripik renyah, tapi sayuran juga bisa. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Jangan membuat keripik yang digoreng menggunakan balutan tepung, melainkan dipanggang sampai renyah. Sayuran yang bisa dijadikan keripik di antaranya, seperti kale, buncis, zucchini dan sawi.

  1. Lasagna Terong

Lasagna merupakan salah satu makanan khas Italia yang diolah menggunakan lembaran pasta. Selain itu, lasagna sebenarnya juga bisa terbuat dari irisan kentang yang tipis.

Ada juga alternatif lasagna menggunakan terong. Iris terong agak tipis dan memanjang, setelah itu sajikan dalam wadah. Tambahkan aneka bahan untuk membuat lasagna.

 

Sumber : detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.