Biji Kopi dengan Rasa Buatan, Enak atau Bahaya?

0
62
ilustrasi

TNews, KULINER – Aroma biji kopi yang baru digiling di pagi hari memang penuh keharuman. Rasanya menyegarkan dan pastinya nikmat.

Hanya saja, tak dimungkiri kalau ada beberapa biji kopi yang disebut-sebut punya aroma lain seperti vanila.

Rasanya memang enak dan aromanya unik. Tapi hati-hati, bisa jadi ini rasa kopi buatan.

Apa itu rasa buatan pada kopi?

FDA mengatakan, rasa buatan adalah zat yang berfungsi untuk memberikan rasa yang tidak berasal dari rempah asli makanan tersebut. Hal yang pasti adalah, satu rasa buatan bisa berasal dari berbagai kombinasi kimia yang dibuat di laboratorium.

Rasa buatan ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan rasa pada makanan, bukan nutrisi yang memang diperlukan tubuh.

Rasa tambahan pada kopi biasanya dilakukan saat proses pemanggangan. Oleh karena itu biji kopi bisa mengeluarkan aroma atau rasa tertentu saat diseduh.

kopi diberi tambahan bahan kimia yang disebut dengan propilen glikol. Zat ini bertindak sebagai media untuk membantu penyedap buatan masuk ke dalam biji kopi.

Secara umum, rasa buatan pada secangkir kopi yang Anda minum dianggap aman selama tidak dikonsumsi berlebihan. Sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru seperti yang diungkap oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Rasa buatan juga bisa menyebabkan kondisi kulit yang buruk. Mulai dari pengelupasan hingga jerawat. Logika di balik ini adalah karena beberapa zat ini beracun, tubuh meresponsnya melalui masalah kulit.

Siapa yang harus membatasi konsumsi kopi dengan rasa buatan?

  1. Orang dengan alergi makanan tertentu

orang yang memiliki alergi terhadap makanan langka harus berhati-hati saat minum secangkir kopi yang ditambah perasa buatan. Sebab Anda mungkin tidak tahu bahan kimia apa yang terkandung di dalamnya dan apakah dia berbahaya untuk tubuh Anda yang memang memiliki alergi.

  1. Orang yang melakukan diet anti peradangan

Rasa buatan biasanya ditemukan dalam makanan dan minuman olahan yang juga mengandung bahan pro-inflamasi, seperti minyak nabati tertentu dan gula halus. Oleh karena itu, hindari kopi yang ditambah perasa buatan jika Anda sedang menjalani diet ini.

Bagaimana sebaiknya minum kopi tanpa rasa buatan tapi tetap enak dan memiliki rasa yang pas serta sehat?

Cara paling bergizi untuk membumbui kopi adalah dengan melakukannya sendiri. Anda bisa membeli biji kopi tanpa rasa lalu tambahkan campuran Anda sendiri, seperti rempah-rempah yang kaya antioksidan.

Misalnya Anda bisa menambahkan kayu manis, cengkeh, pala atau bubuk kakao. Selain rasanya enak, banyak dari rempah-rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat memberikan tambahan nutrisi pada kopi.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.