Cara Membuat Pancake Sederhana dan Fluffy untuk Sarapan

0
99
ilustrasi

TNews, KULINER – Pancake bisa dijadikan menu sarapan ala barat. Kalau ingin membuatnya sendiri, ikuti cara membuat pancake yang sederhana dan fluffy.

Pancake merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, susu, dan telur. Sebenarnya pancake merupakan hidangan praktis, karena bahannya mudah didapatkan dan cara membuatnya sederhana. Dimasak di atas wajan anti lengket, kemudian disajikan dengan sirup maple serta buah-buahan.

Agar hasilnya maksimal dan fluffy yang nikmat, tips dan cara membuat pancake perlu diperhatikan. tips yang dibagikan seputar mengocok telur untuk campuran adonan pancake hingga proses membalik pancake.

Berikut cara membuat pancake sederhana dan fluffy.

  1. Jangan terlalu lama mengaduk adonan

Saat membuat adonan pancake, pastikan kalau konsistensinya tepat. Karena hal itulah yang akan membuat pancake dapat mengembang sempurna. Saat mengaduk adonan juga sebaiknya jangan terlalu kuat dan lama.

Aduk adonan secara merata, namun sebentar saja. Karena, adonan yang diaduk terlalu lama dan berlebihan gluten tepung terigu akan mengembang dan membuat adonan keras. Selain itu tidak menyisakan ruang untuk gelembung udara dan hasilnya pancake tidak mengembang sempurna.

  1. Istirahatkan adonan

Sebelum dipanaskan di atas wajan anti lengket, sebaiknya istirahatkan adonan pancake terlebih dahulu. Para baker menyarankan hal tersebut, karena idealnya adonan pancake harus dibiarkan semalaman untuk diistirahatkan. Jika tak memakai bahan pengembang.

Sebelum dimasak, ninimal istirahatkanadonan pancake selama 30 menit. Saat mendiamkan adonan, kamu bisa menambahkan baking powder agar adonan berpori-pori dan mengembang saat dimasak.

  1. Kocok kuning dan putih telur terpisah

Salah satu bahan untuk membuat adonan pancake adalah telur. Kebanyakan orang langsung mencampurkan telur utuh ke dalam adonan, lalu diaduk bersamaan.

Sebaiknya cara tersebut dihindari kalau ingin pancake menjadi fluffy, menggembung lembut seperti pancake Jepang. Para baker menyarankan untuk mengocok telur secara terpisah. Jadi campurkan kuning telur bersama tepung terigu dan bahan lainnya untuk diaduk bersamaan.

Sedangkan putih telurnya dikocok secara terpisah sampai berbusa dan kaku. Setelah itu barulah campurkan ke dalam adonan pancake dan aduk perlahan-lahan saja sampai merata. Adonan siap dimasak dalam wajan.

  1. Cara membalik pancake

Pancake dimasak di atas wajan anti lengket dengan api kecil yang sebelumnya telah dioleskan mentega. Tuangkan adonan pancake ke atas wajan membentuk bulatan sedang.

Biarkan sampai pancake matang. Caranya dengan melihat sisi bagian atasnya yang mulai menampilkan gelembung kecil. Setelah itu, barulah balik pancake agar sisi satunya tak gosong dan matang.

Buat beberapa pancake dan sajikan menumpuk di atas piring. Tambahkan sirup maple, madu ataupun saus cokelat. Bisa juga kamu berikan potongan buah atau es krim vanila.

  1. Pastikan wajan bersih

Agar pancake selanjutnya tetap matang sempurna dan tidak gosong, kebersihan wajan harus selalu diperhatikan. Sebelum menuangkan adonan pancake lagi, bersihkan dulu wajan menggunakan tisu dapur.

Kemudian, oleskan sedikit mentega dan tuang adonan pancake. Lanjutkan memasak seperti yang sudah dijelaskan. Remah-remah adonan dalam wajan membuat pancake tidak mulus dan gosong sebagian.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.