Cita Rasa Sumatera Utara: 5 Kuliner Yang Tak Boleh Dilewatkan

0
61

TotabuanNews, Labuhanbatu Selatan – Sumatera Utara tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga keberagaman kuliner yang lezat. Berikut adalah lima jenis kuliner khas yang wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah ini.

1. Bika Ambon

Bika Ambon, kue tradisional khas Medan, menjadi salah satu cemilan yang paling terkenal di Sumatera Utara. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa manis yang khas, Bika Ambon sering dijadikan oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berkunjung.

Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang budayawan dan sejarawan, kue bika ambon terilhami dari Bika atau Bingka makanan khas Melayu. Selanjutnya, bingka tersebut dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira/tuak enau hingga berongga dan berbeda dari kue bika asalnya. Selanjutnya, M. Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual dan populer di simpang Jl. Ambon-Sei Kera Medan

2. Soto Medan

Soto Medan adalah hidangan berkuah yang kaya rempah dan cita rasa. Dibandingkan dengan soto dari daerah lain, soto Medan memiliki keunikan dalam bumbu rempahnya, terutama bawang merah, bawang putih, dan ketumbar yang membuatnya memiliki cita rasa yang khas.

Soto Medan merupakah hidangan khas Sumatera Utara, Indonesia. Soto Medan memiliki aroma yang khas yang unik karena terbuat dari santan yang pekat dan rempah-rempah yang khas. Kuah soto ini berwarna kuning kental. Selain khas kuah kental dan rempah-rempahnya, soto Medan juga menggunakan suwiran daging ayam atau potongan daging sapi.

3. Na Niura

Na Niura adalah makanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tanah Batak, khususnya di wilayah Toba, Pulau Samosir, Danau Toba, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

Naniura, hidangan ikan mentah khas Batak, adalah sajian yang patut dicoba bagi pecinta seafood. Ikan patin atau ikan mas diolah dengan bumbu asam, cabai, dan bawang, menciptakan sensasi rasa yang segar dan unik.

4. Mie Gomak

Mie Gomak adalah hidangan mi khas Batak Toba yang disajikan dengan saus kacang yang kental dan daging sapi. Hidangan masakan ini merupakan khas daerah sekitar Danau Toba, mulai dari Porsea, Balige, Laguboti, Tarutung, hingga Tapanuli Selatan.

Kelezatan mie ini terletak pada paduan antara mi yang kenyal dan saus kacang yang gurih. Ditambah dengan potongan daun bawang dan bawang goreng, membuat Mie Gomak menjadi menu yang memikat selera.

5. Durian Medan

Bagi para penggemar durian, Durian Medan adalah must-try. Dikenal dengan rasa yang manis dan tekstur daging durian yang lembut, durian Medan menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta buah tropis.

Meskipun namanya durian medan, namun durian jenis ini bukan hanya bisa didapatkan di Kota Medan. Namun, durian ini ada di beberapa wilayah Sumatera Utara yang memang kondisi alamnya banyak ditumbuhi pohon durian, seperti Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Nias, Kabupaten Langkat, Kota Pematang Siantar, Kecamatan Kabanjahe, Kota Sibolga, dan lain-lain.

Dari pengalaman para pecinta durian, ternyata kelebihan durian bangkok (montong) hanya pada dagingnya yang tebal dan berlemak, sedangkan soal rasa tetap durian medan yang lebih enak! Durian medan memang punya karakter agak pahit rasanya, tapi umumnya lebih dominan rasa manis. Jadi, durian medan bisa bersaing dengan durian bangkok.

Dengan keberagaman rasa dan aroma, kuliner Sumatera Utara tidak hanya memuaskan perut, tetapi juga membawa pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Sumatera Utara saat Anda berkunjung ke daerah ini. RED

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.