Cumi Gajah hingga Soto Mie Bakso, Ini 5 Bakso Unik

0
167

TNews, KULINER – Bakso unik di Depok ini layak dicicipi pencinta bakso. Ada kreasi bakso cumi gajah yang viral di media sosial hingga lezatnya paduan bakso dan soto mie dalam satu mangkuk.

Kreasi bakso di Indonesia tak pernah ada habisnya. Di berbagai daerah, kuah, isian, hingga pelengkap bakso dibuat berbeda. Seperti halnya di Depok yang memiliki lima bakso unik ini.

Ada bakso unik yang dipadukan bahan tak biasa. Misalnya bakso berbungkus cumi yang dikenal dengan sebutan bakso cumi gajah.

Lalu ada juga bakso dengan kuah comberan yang dibuat dari keluak. Warnanya memang hitam pekat, namun rasanya nikmat!

Bakso unik di Depok juga mencakup wilayahnya yang tak biasa. Sebut saja Bakso Ngumpet yang lokasi berjualannya agak sulit dijangkau karena berada di dalam gang.

Juga bakso di area perkebunan seluas 3,7 hektar. Makan bakso di sini serasa piknik karena kamu bisa menikmatinya di bawah pohon teduh dengan beralas tikar.

Berikut daftar 5 bakso u

  1. Bakso Cumi Gajah

Belum lama ini viral di media sosial kreasi bakso cumi gajah buatan rumah makan di Depok. Adalah Overstars Lobster yang menyajikan menu ini dengan harga Rp 35 ribu per porsi. Disebut bakso cumi gajah karena adonan bakso yang besar ‘dibungkus’ cumi segar.

Uniknya kuah bakso cumi gajah bukan kuah kaldu bening melainkan kuah saus padang. Hal ini untuk menyelaraskan rasa seafood yang kuat dari penggunaan cumi. Seporsi bakso cumi gajah juga dilengkapi bakso kecil.

Cita rasa baksonya lebih mirip meatball ketimbang bakso tradisional biasa. Sebab komposisi dagingnya lebih banyak dibanding tepungnya. Selain bakso cumi gajah, rumah makan ini juga punya bakso lobster dengan paduan kuah kaldu bening. Lokasinya ada di Jalan Kalimulya.

  1. Bakso Golf Sawangan

Di Sawangan, tepatnya Jalan Swadaya Kp. Kaliandang, ada warung bakso unik bernama Bakso Golf Sawangan. Di sini kamu bisa makan bakso di bawah pohon teduh. Sensasinya seperti piknik terasa karena pengunjung disediakan area duduk beralas tikar.

Pemandangannya berupa tanah lapang seluas 3,7 hektar. Pemilik Bakso Golf Sawangan, Darsini mengatakan pada detikfood kalau tanah itu bukan miliknya melainkan milik seseorang yang mempercayakan tanahnya untuk dijaga dan dirawat Darsini.

Untuk menunya, Bakso Golf Sawangan punya bakso iga, bakso urat, dan mie ayam. Harga menunya mulai dari Rp 13 ribu sampai Rp 27 ribu. Warung bakso ini buka setiap hari Rabu sampai Minggu, pukul 10.00-17.30 WIB.

  1. Bakso Comberan

Jangan khawatir mendengar namanya! Bakso comberan bukan disiram kuah comberan sungguhan. Warnanya saja yang hitam dengan tumpukan tulang-tulang ayam yang dianggap banyak orang mirip sampah comberan.

Bakso comberan adalah menu andalan warung Bakso Item Bewok yang ada di Beji. Kuah hitam pada bakso berasal dari penggunaan keluak. Sementara tulang-tulang ayam memang sengaja disajikan sebagai topping bakso.

Untuk makan bakso unik ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 15 ribu saja. Bakso comberan makin enak dimakan bersama lontong dan siraman sambal hijau.

  1. Bakso Ngumpet

Sesuai namanya, warung Bakso Ngumpet menawarkan bakso di lokasi yang ngumpet. Pengunjung harus melewati jalan gang kecil dulu sebelum bisa bersantap di sini. Lokasi Bakso Ngumpet ada di Jalan Kampung Kandang Duren Seribu, Bojongsari.

Dilihat dari YouTube Kubiler (12/9/20), meski lokasi warungnya ngumpet, ternyata banyak orang ramai makan di sini. Menunya ada bakso biasa, telur, mercon, bakso beranak, dan bakso iga.

Pengunjung bisa melihat langsung proses meracik bakso. Untuk bakso iga, terlihat warung ini menggunakan potongan iga lumayan besar. Harga iga dihitung per potong. Seporsi bakso spesial dengan banyak isian di sini dibanderol tak lebih dari Rp 50 ribu.

  1. Soto Mie Bakso

Paduan bakso dan soto mie jadi menu andalan rumah makan bakso unik di Depok ini. Nama tempatnya Bakso Mie Ayam dan Soto Mie MAS MAN yang ada di Jalan Sawangan Elok Nomor 32.

YouTuber kuliner, Kubiler (19/9/20) menginformasikan seporsi soto mie bakso di sini berisi bakso urat, bakso kecil, potongan daging sapi, risol, mie kuning, kol, bihun, tomat, sampai kentang. Harga per porsinya sekitar Rp 23 ribu.

Kuah soto mie bakso di sini terasa asam segar karena ditambahkan perasan jeruk limau dan cuka. Tekstur baksonya yang empuk bikin banyak orang ketagihan. Tiap hari rumah makan bakso ini bisa menjual ratusan porsi.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.