Enaknya Sate Domba Disantap dengan Pisang Goreng

0
165
Ilustrasi Sate Domba dan Pisang Goreng

TNews, KULINER – Namanya sate, tapi tampilan sate satu ini berbeda dengan sate umumnya yang biasanya ditusuk dengan kayu. Sate domba Africa Haji Malik di Jakarta Selatan ini disajikan berupa potongan kecil domba panggang dengan taburan bawang bombay.

Restoran itu bisa dikunjungi bagi pemburu kuliner unik. Menu sate domba dengan rasa gurih yang disajikan bersama sambal pedas dan mayones pasti akan menggoyang lidah.

Apalagi jika pengunjung hendak mencoba menyantap sate domba ala Afrika. Sate akan disajikan bersama dengan pisang goreng, bukan nasi putih.

Pisangnya adalah pisang goreng yang diolah tanpa tepung, hanya ditambah bumbu untuk membuatnya lebih manis. Tapi tentu di sana, tamu bisa tetap memesan nasi putih seperti selera umumnya orang Indonesia.

Selain sate domba, kedai yang berdiri pada 2018 ini menyuguhkan aneka hidangan domba seperti sate domba panggang Africa, iga domba panggang, sop bening domba, kari domba, mie goreng domba panggang dan mie rebus domba.

Pemilik Sate Domba Africa Haji Malik, Raen Maliki mengatakan proses memasak domba panggang Afrika ini butuh waktu yang cukup panjang. Daging domba dibakar, kemudian dikukus, lalu dibakar lagi dua kali agar lembut dan tidak berbau prengus.

Proses masak yang lama ini juga diklaim membuat daging domba yang disajikan di sana rendah kolesterol. “Domba yang dipakai untuk sate ini adalah domba dengan berat di atas 25 kilogram,” kata Raen, Rabu, 11 Mei 2022.

Sebab, tidak semua bagian domba akan dimasak. Bagian kulit, kepala dan jeroan tidak dipakai untuk hidangan di kedai ini sehingga dibutuhkan domba dengan berat minimal tertentu agar menghasilkan daging dalam jumlah yang cukup.

Dulu, domba asal Garut dan Bogor yang menjadi bahan baku sajian di kedai tersebut. “Sekarang pakai karkas Selandia Baru dan Australia,” kata Raen.

Bila ingin hidangan yang lebih “medok” bumbunya, coba cicipi kari domba yang pas sebagai teman nasi. Untuk pilihan makanan berkuah yang lebih light, sop bening domba pilihan yang lebih tepat. Jika hanya ingin mencicipi sedikit domba panggang, pilih menu mie goreng dengan pugasan daging domba.

 

Sumber : tempo.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.