Gurih Nampol! Nasi Goreng Cumi dan Crazy Rice Asians

0
148

TNews, KULINER – Gerai Cumicumi Pandang ini punya nasi goreng cumi hitam legam. Selain itu ada Crazy Rice Asians yang super komplet isiannya. Dijamin kenyang. Cumicumi Pandang berlokasi di di Griya Shanta Jl. Soekarno Hatta No.522, Malang. Didirikan sejak 4 November 2019 oleh Ramadhan Putra Riyanto, lulusan Teknik Industri, Universitas Brawijaya. Idenya berawal dari kesukaan Rama (26 th) dengan olahan cumi hitam. Ia mencoba membuat nasi goreng cumi hitam dengan resep yang diraciknya sendiri. Kemudian ia membuka outlet pertamanya di daerah Suhat, Malang.

Saat ini outlet Cumicumi Pandang juga tersedia di Stasiun Corner, Jl. Sriwijaya, Malang. Rama berencana untuk membuka outlet baru di daerah Ijen dan di Banyuwangi. Rama membangun usaha ini bersama dengan rekannya, Nanta. Saat ini ia telah memiliki 4 orang pegawai untuk membantu mengelola bisnisnya tersebut. Cumicumi Pandang berasal dari ide Rama untuk membuat nama yang unik. Ia mendapat inspirasi untuk menggunakan plesetan dari judul lagu Naif (Curi-Curi Pandang). Tersedia berbagai pilihan menu nasi goreng yang hampir semua menu berbahan dasar cumi. Untuk nasi goreng tersedia pilihan Nasi Goreng Cumi Pandang, Nasi Goreng Cumi Putih, Nasi Goreng Teri Pandang, dan Nasi Goreng Pandang (tempura dan bakso).

Selain itu juga terdapat menu yang bukan nasi goreng. Ada Crazy Rice Asian yang berupa nasi putih, daging ayam, telur orak arik, bakso, sosis dan sawi, Nasi Cumi Manalagi terdiri dari nasi putih, baby cumi pedas, telur mata sapi dan sawi. Sementara Crazy Squid Asians racikan nasi putih, daging cumi, telur orak arik, bakso, sosis dan sawi. Kamu juga dapat menambahkan topping berupa cumi-cumi, telur, sosis, atau bakso. Terdapat pula snack berupa Lumpia Dhan atau lumpia iai ayam. Setiap pesanan dimasak di iatas gerobak bernuansa Street Food Jepang. Dilengkapi dengan tempat makan yang luas dan nyaman. Beberapa menu yang favorit antara lain Nasi Goreng Cumi Pandang, Crazy Rice Asian, dan Nasi Cumi Manalagi.

Cumi-cumi segar yang dipakai untuk menu andalan didatangkan langsung dari Tuban. Setiap bulan mencapai 100 kg cumi-cumi segar. Kemudian diolah jadi cumi hitam dengan tinta cumi dan cumi putih yang sudah dikupas bersih. Daging cumi dimasak di rumah Rama dengan bumbu-bumbu khas tersendiri, sehingga di outlet hanya tinggal mengolah dengan nasi. Daging cumi di tumis dengan daun jeruk, lengkuas, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Kepada detikcom (24/03) Adi menjelaskan cita rasa dari nasi goreng cumi hitam di Cumicumi Pandang yang berbeda dengan tempat lain, “Dari rasa (cumi hitam) nya strong banget, tapi di sini gak amis. Biarpun sama tintanya mungkin di tempat lain ada yang kurang tepat mengolahnya jadi amis,” jelas Adi, pegawai Cumicumi Pandang.

Adi juga mengungkapkan bahwa bumbu yang digunakan murni tanpa MSG, hanya berbahan dasar garam, kecap, dan sedikit penyedap rasa. Sebagai ikon Cumicumi Pandang adalah nasi goreng berwarna hitam murni dari tinta cumi. Kamu juga dapat memilih tingkat kepedasan dari pedas biasa, sedang, hingga pedas banget. Disajikan dalam piring anyaman lidi kertas minyak, seporsi nasi goreng dengan isian daging cumi, orak arik telur, serta rempah-rempah yang khas serta kerupuk. Aroma gurih cumi-cumi tercium kuat dari kepulan asap nasi goreng yang disajikan hangat. Bumbu meresap hingga ke setiap bulir nasi. Rasa gurih pekat cumi-cumi terasa kuat tanpa aroma anyir.

Irisan cumi diberikan cukup royal, teksturnya tidak alot. Bumbunya menyatu dengan rasa gurih khas cumi. Karena tak pelit bumbu rasa nasi goreng ini gurih mantap hingga suapan terakhir. Seporsi nasi goreng cumi dibanderol Rp 20.000 saja. Selain menu nasi goreng di sini juga ada olahan cumi dengan nasi putih. Namanya Crazy Rice Asians, plesetan dari film ‘Crazy Rich Asians’, menghadirkan nasi dengan banyak lauk. Dalam satu kotak terdiri dari nasi dengan orak arik telur, sosis, bakso, dan tentunya daging cumi. Cumi yang digunakan tidak menggunakan tinta hitam tetapi putih. Tambahan potongan cabe merah dan daun bawang membuat sensai renyah sedap di mulut. Rasanya serasi disuap dengan nasi hangat. Satu porsi Crazy Rice Asians dijual dengan harga Rp16.000.

Cumicumi Pandang akan terus berinovasi menghadirkan menu-menu baru untuk para pelanggannya. Saat ini Cumicumi pandang sedang mengembangkan menu kwetiau, tentunya dengan olahan cumi khas Cumicumi Pandang. Dalam sehari Cumicumi Pandang dapat menerima pesanan hingga 60 porsi saat ramai. Buka mulai hari Selasa hingga Minggu, mulai jam 5 sore hingga 11 malam. Untuk meningkatkan pemasarannya, Rama melakukan strategi marketing melalui instagram, Tiktok, hingga mengadakan berbagai promo menarik. Kamu juga bisa memesan melalui layanan ojek online.

 

Sumber : detik.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.